Daftar 12 Obyek Wisata Pantai di Jogja Yang Sudah Dibuka untuk Dikunjungi

Wisata Pantai di Jogja Yang Sudah Dibuka - Kota Jogja memang dari dulu terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata yang bagus-bagus khususnya wisata Pantai yang patut dikunjungi wisatawan. Namun semenjak ada wabah Covid-19 (virus Corona) yang menyerang di Indonesia, semua tempat wisata di Indonesia serentak untuk ditutup. Hal ini bertujuan untuk menghentikan penyebaran Covid-19 tersebut.

Oleh karena itu warga Indonesia dihimbau untuk selalu #dirumahsaja sampai bulan mei. Hingga awal bulan Juni kemaren pemerintah menerapkan aturan new normal untuk masyarakat supaya dapat menjalankan aktivitas, seperti bekerja mencari nafkah, belanja bahan makanan pokok, dan lain sebagainya. Hanya saja untuk tempat wisata masih belum diperbolehkan untuk buka karena berpotensi adanya kerumunan yang bisa menjadi tempat untuk penyebaran virus.

Seiring jalannya waktu, Bapak Suharsono Bupati Bantul telah mengizinkan semua objek wisata di Bumi Projotamansari kembali beroperasi menerima kunjungan wisatawan pada 1 Juli. Begitu juga di Kabupaten Gunung Kidul, pantai-pantai mulai sedikit dibuka.

Meski mengizinkan untuk dibuka, namun pemerintah tetap menekankan kepada semua pengelola Wisata Jogja agar mematuhi protokol kesehatan. Bupati Bantul mengatakan bahwa beliau sudah meminta izin dari Gubernur DIY dan diizinkan, asalkan ditekankan untuk mematuhi protokol kesehatan. 

Para pengelola Pantai di Jogja ditekankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada wisatawan yang akan berlibur sesuai dengan protokol yang berlaku, seperti pemeriksaan suhu, diwajibkan memakai masker dan juga menyiapkan lokasi cuci tangan. Disamping itu warga di sekitar pantai pun sudah bersiap dengan melakukan kerja bakti.

Nah kali ini WisataMantap akan memberikan referensi tempat wisata pantai di Jogja yang sudah dibuka. Informasi berita ini kami dapatkan dari website jogja.tribunnews.com, travel.kompas.com, jogja.suara.comtravel.detik.commerdeka.com dan juga dari instagram @pesonajogjatour.

Daftar Wisata Pantai di Jogja Yang Sudah Dibuka untuk Wisatawan

Berikut beberapa tempat wisata Pantai di Jogja yang sudah dibuka untuk wisatawan. Mulai dari Kabupaten Bantul hingga Kabupaten Gunung Kidul. Mari simak ulasan dibawah ini :

1. Pantai Parangtritis Bantul

Pantai Parangtritis Bantul / foto by @sarandi_13
Untuk Pantai di Jogja yang sudah dibuka pertama yaitu Pantai Parangtritis. Pantai paling favorit di Jogja yang sudah menjadi wisata alam legenda di Kabupaten Bantul Yogyakarta. Obyek wisata di Jogja ini mulai dibuka pada tanggal 1 Juli 2020. 

Pengelola wisata Pantai Parangtritis menyiapkan fasilitas penyemprotan disinfektan yang tercukupi, tempat cuci tangan dengan air mengalir pakai sabun, pemakaian masker, dan jaga jarak yang kita lakukan secara bertahap. Kemudian ditekankan bagi pengunjung untuk memastikan kondisi kesehatan pengunjung dan pelaku wisata yang membuka usaha di kawasan wisata.

2. Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara Bantul / foto by @prologpagi
Pantai di Jogja yang sudah dibuka selanjutnya ialah Pantai Goa Cemara yang berada di Kabupaten Bantul tepatnya terletak di Jl. Lintas Sel., Patihan, Gadingsari, Sanden, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763. Bapak Suratijo selaku Ketua Pokdarwis Pantai Goa Cemara mengatakan, bahwa objek wisata Goa Cemara mulai ujicoba dibuka sejak lima hari yang lalu, tepatnya tanggal 1 Juli 2020. Namun tetap saja para pengunjung harus mematuhi protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, hindari kerumunan dan lainnya.

3. Pantai Depok Bantul

Pantai Depok Bantul / foto by @tiaraharisma57
Selanjutnya Pantai Depok, mulai 1 Juli kemaren resmi dibuka oleh pengeloa wisata. Beberapa rumah makan kuliner seafood yang sudah buka di Pantai Depok telah menyediakan tempat cuci tangan. Bahkan terdapat pula himbauan untuk wisatawan agar mengenakan masker, sering cuci tangan, jaga jarak serta membawa hand sanitizer.

4. Pantai Baron Gunung Kidul

Pantai Baron Gunung Kidul / foto by @marahuda
Untuk Pantai di Jogja yang telah dibuka selanjutnya Pantai Baron, pada tanggal 30 Juni kemaren pengelola melakukan uji coba persiapan dibukanya Pantai Baron Gunung Kidul apakah tempat wisata lanjut dibuka atau tidak, melihat faktor internal seperti kesiapan sumber daya manusia di kawasan tersebut hingga perilaku tamu.

Namun di Pantai Baron sebagian penjual sovenir dan warung makan belum banyak yang buka, hanya beberapa saja yang sudah buka. Para pengunjung diwajibkan untuk mematuhui protokol kesehatan seperti memakai masker, jaga jarak hingga selalu cuci tangan. Disana juga ada petugas yang akan mengecek suhu badan bagi wisatawan. Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul juga akan berpatroli untuk memantau wisatawan yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

5. Pantai Kukup Gunung Kidul

Pantai Kukup Gunung Kidul / foto by @imandiwahyudi
Pada (24/6/2020) Pantai Kukup di Gunung Kidul dibuka untuk umum walaupun dengan pembatasan tertentu, pantai tersebut dibuka bersamaan dengan pantai Baron. Sesampai di Pantai Kukup, telah tampak beberapa pedagang makanan, minuman, ikan, hingga suvenir mulai membuka lapaknya kembali.

Para pedagang di Pantai Kukup Gunung Kidul juga telah mematui protokol kesehatan seperti mengenakan masker, pelindung wajah, hingga sarung tangan saat melayani pembeli. Disamping itu, para wisatawan juga saat mengunjungi tempat ini diwajibkan memakai masker dan diperiksa kesehatannya sebelum masuki pantai.

Harry Sukmono sebagai Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul mengatakan, bahwa sesuai SOP tahap Uji Coba New Normal, Dinas Pariwisata Gunungkidul menetapkan jumlah kunjungan maksimal 7.000 orang untuk Baron dan Kukup.

6. Pantai Timang Gunung Kidul

Pantai Timang Gunung Kidul / foto by @indra.saputraaaa
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul terus melakukan uji coba normal baru dengan membuka deretan pantai di Gunung Kidul yang dinilai siap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satunya ialah Pantai Timang Gunung Kidul. Pada tanggal 11 Juli kemarin Pantai Timang resmi dibuka untuk wisatawan umum. Namun tetap saja bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini harus mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, cuci tangan, hingga jaga jarak antara wisatawan. 

7. Pantai Nglambor Gunung Kidul

Pantai Nglambor Gunung Kidul / foto by @xmostermayax
Pantai Nglambor di Gunung Kidul juga resmi dibuka untuk umum pada 11 Juli kemaren. Dibuka bareng bersama Pantai Timang Gunung Kidul. Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata pantai di Gunung Kidul ini juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti peraturan di pantai timang.

8. Pantai Siung Gunung Kidul

Pantai Siung Gunung Kidul / foto by @narendra_dicky
Untuk Pantai di Gunung Kidul yang dibuka selanjutnya ialah Pantai Siung. Pengunjung diwajibkan untuk menggunakan masker dan tetap menjaga jarak ketika mengunjungi Pantai Siung Gunung Kidul. Harapan semua selalu sehat dan tidak kasus penularan corona dari lokasi wisata, ungkap Hary Sukmono selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul.

9. Pantai Nguyahan Gunung Kidul

Pantai Nguyahan Gunung Kidul / foto by @iyan_hurint
Selanjutnya ada Pantai Nguyahan, pantai ini dibuka resmi pada 11 Juli 2020 yang lalu. Pantai ini beralamat di dekat Pantai ngobaran, Gebang, Kanigoro, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, Gunungkidul, Yogyakarta. Wisatawan diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, jaga jarak, hingga cuci tangan sebelum dan sesudah mengunjungi tempat wisata ini.

10. Pantai Ngobaran Gunung Kidul

Pantai Ngobaran Gunung Kidul / foto by @trisnoarybudi
Pemerintah Kabupaten Gunungkidul membuka resmi deretan pantai di Gunung Kidul yang dinilai siap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Salah satunya ialah Pantai Ngobaran Gunung Kidul. Pada tanggal 11 Juli kemarin Pantai Ngobaran resmi dibuka untuk wisatawan umum. Namun tetap saja bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata ini harus mematuhi protokol kesehatan seperti mengenakan masker, cuci tangan, hingga jaga jarak antara wisatawan. 

11. Pantai Ngrawe Gunung Kidul

Pantai Ngrawe Gunung Kidul / foto by @ardinugros
Pantai selanjutnya yang sudah buka di Gunung Kidul ialah Pantai Ngrawe. Pantai ini terkenal dengan pantai mesra di Gunung Kidul. Bagi yang mengunjungi tempat wisata pantai di Gunung Kidul ini harus menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pengelola wisata Pantai Ngrawe. Seperti diwajibkan memakai masker, cuci tangan, hingga jaga jarak hindari kerumunan. Pengelola wisata ini juga menerapkan cek suhu badan bagi wisatawan.

12. Pantai Drini Gunung Kidul

Pantai Drini Gunung Kidul / foto by @yayukjuminten
Untuk pantai di Gunung Kidul yang sudah dibuka yang terakhir ialah Pantai Drini. Pantai ini resmi dibuka pada tanggal 11 Juli 2020 kemarin. Harry selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul berharap wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan pantai Drini dan lainnya untuk membawa peralatan ibadah sendiri, selalu menggunakan masker, hingga tetap menjaga jarak.

Itulah beberapa Daftar 12 Obyek Wisata Pantai di Jogja Yang Sudah Dibuka untuk Dikunjungi. Sedangkan untuk pantai di Gunung Kidul lainnya seperti Pantai Wediombo, Pantai Jungwok, Pantai Nampu, Pantai Watulumbung, Pantai Greweng, dan Pantai Sedahan, sedang dilakukan simulasi. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi sebelum mencari tempat wisata Pantai di Gunung Kidul yang telah dibuka. Thank you for visiting :)

Previous Post Next Post