Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo Karanganyar
Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo Karanganyar - Tidak hanya Jawa Barat saja yang terkenal dengan tempat wisata alamnya yang mempesona, Jawa Tengah juga memiliki wisata alam yang indah. Khususnya di Karanganyar yang memiliki wisata alam berupa air terjun, sebut saja Wisata Air Terjun Jumog Karanganyar yang sampai sekarang masih menjadi jujugkan para wisatawan. Namun siapa kira, dibalik ramainya tempat wisata Karanganyar masih ada lokasi yang masih sangat asri. Tempat wisata alam tersebut adalah Air Terjun Parang Ijo Karanganyar. Air Terjun di Karanganyar ini tak boleh terlewatkan untuk wisata keluarga. 

Obyek Wisata Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Wisata Air Terjun Parang Ijo adalah salah satu air terjun indah yang menjadi salah satu objek tempat wisata alam favorit di Karanganyar. Air Terjun Parang Ijo memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan. Air terjun di Karanganyar ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter dengan debit air yang tidak terlalu deras menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Wisata alam Karanganyar ini berada di Kaki Gunung Lawu tentunya memiliki udara yang sejuk menjadi bius wisatawan untuk selalu kembali Air Terjun Parang Ijo. 

Asrinya Air Terjun Parang Ijo ini juga sangat dijaga. Dibuktikan dengan berbagai tumbuhan yang tumbuh subur yang ada di sekitar tempat wisata ini. Aliran sungai di Air terjun Parang Ijo ini pun sangat bersih dan jernih yang tentunya akan menambah rasa sejuk dan damai saat mengunjungi air terjun di Karanganyar dekat kota solo ini. Dan Sejarah Air Terjun Parang Ijo bisa bernama Parang Ijo karena air yang terjun yang turun melewati diantara parang atau tebing dengan warna hijau di sekitarnya.

Air Terjun Parang Ijo ini juga memiliki empat tingkat air terjun kecil dibawahnya yang menciptakan kolam alami. Sangat tidak disarankan untuk berenang di lokasi ini. Di kolam alami tersebut wisatawan dapat dengan leluasa bermain dan berenang atau hanya sekedar berendam. Selain itu Obyek Wisata Air Terjun Parang Ijo masih memiliki daya tarik lain, daya tarik tersebut ialah tersedianya berbagai wahana yang menarik untuk dikunjungi. 

Wahana di Air Terjun Parang Ijo salah satunya Flying Fox. Wisatawan yang mengunjungi air terjun di Karanganyar ini tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, namun juga bisa mencoba wahana flying fox yang nantinya akan membawa wisatawan langsung turun mengarah ke jalur keluar maupun jalur masuk untuk kembali ke air terjun parang ijo. Ada juga Spot Gardu Pandang untuk menikmati keindahan air terjun, ada juga ayunan dan jungkat-jungkit untuk menghibur si buah hati.

Fasilitas Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Bukan hanya keindahan dan keasrian alamnya Air Terjun Parang Ijo yang mampu menarik hati wisatawan. Fasilitas yang terbilang lengkap juga telah siap menyambut kedatangan wisatawan. Fasilitas umum mulai dari Area Parkir, Toilet, Mushola, Gazebo hingga spot foto sudah disiapkan dengan baik oleh Air Terjun Parang Ijo Jawa Tengah. 

Berwisata di Karanganyar ini akan terasa lengkap jika dengan perut kenyang. Oleh karena itu di tempat wisata ini juga sudah terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai menu makan/minum dengan harga yang sangat terjangkau. Bukan hanya itu saja, bagi wisatawan yang ingin bermalaman di sekitaran air terjun ini bisa menyewa penginapan. Banyak penginapan dekat Air Terjun Parang ijo yang harganya juga terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo Karanganyar

Air Terjun Parang Ijo Karanganyar memang terkenal dengan tempat wisata murah di Jawa Tengah. Karena HTMnya juga sangatlah murah. Wisatawan hanya perlu membayar HTM Air Terjun Parang Ijo sebesar Rp 5.000 / orang. Untuk menikmati Wahana Flying Fox akan dikenakan biaya tarif sebesar Rp 10.000.  Selain itu untuk biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor, Rp 5.000 untuk mobil. 

Lokasi Air Terjun Parang Ijo 

Alamat Air Terjun Parang Ijo terletak di Dusun Munggur, Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak sekitar 33 km dari pusat Kota Solo. Untuk Rute menuju Air Terjun Parang Ijo bisa ditempuh perjalanan menuju Kebun Teh Ngargoyoso. Setelah bertemu persimpangan jalan arah ke Candi Sukuh, belok kiri arah ke Kebun Teh. Sekitar 100 meter belok kanan, jalan menuju ke Air Terjun Parang Ijo lumayan sempit.

Mengenai Jam Buka Air Terjun Parang Ijo dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB pada setiap harinya.

Galeri Foto Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo Karanganyar
Air Terjun Parang Ijo Karanganyar
Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo
Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo
Sejarah Air Terjun Parang Ijo
Sejarah Air Terjun Parang Ijo
Wisata Air Terjun di Karanganyar
Wisata Air Terjun di Karanganyar
Demikian informasi wisata Air Terjun Parang Ijo beserta Harga Tiket Masuk Air Terjun Parang Ijo Karanganyar. Semoga bermanfaat dan selalu kunjungi Wisatainfo untuk informasi tempat wisata di Indonesia.
Previous Post Next Post