Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Cikanteh Geopark Ciletuh Sukabumi

Curug Cikanteh Sukabumi
Lokasi Dan Tiket Masuk Curug Cikanteh Geopark Ciletuh Sukabumi - Jawa Barat memang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang begitu mempesona. Ketenaran obyek wisata alam di Jawa Barat kususnya Sukabumi memang sudah tak diragukan lagi. Didasari dengan kontur alam perbukitan dan memiliki udara yang sejuk nan asri menjadi bius wisatawan untuk selalu kembali ke Sukabumi. Namun siapa kira, dibalik ramainya tempat wisata Sukabumi masih ada lokasi yang masih sangat asri. Tempat wisata alam tersebut adalah Curug Cikanteh Sukabumi.

Curug Cikanteh Sukabumi memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan. Curug ini berada di Kawasan Geopark Ciletuh dan menjadi salah satu air terjun indah yang berada di Geopark Ciletuh. Curug atau Air terjun Cikanteh ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Memiliki debit air yang deras dan membentang seperti tirai. Dibawah air terjun utama, masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa Curug Cikanteh ini.

Sumber air curug ini berasal dari Sungai Cikanteh, walau pun curug ini memiliki aliran yang cukup deras, namun tetap menambah keindahan panorama curug ini. Disamping keindahan dua curug tersebut, tempat wisata alam di Sukabumi ini masih memiliki daya tarik lain. Wisatawan akan menemukan limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah setinggian kurang lebih 60 meter. Limpahan air ini dapat digunakan untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan tetapi tidak disarankan untuk berenang.

Sejarah Curug Cikanteh Geopark Ciletuh

Asal usul diberi nama Curug Cikanteh ternyata berasal dari nama sungainya. Menurut masyarakat sekitar, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini berasal dari sungai Cikanteh. Oleh sebab itu curug ini diberi nama Curug Cikanteh. Curug ini memiliki 3 tingkatan limpahan air, dan memiliki masing masing nama yang berbeda. Tingkatan yang paling dasar bernama Curug Sodong, kemudian di tingkat kedua bernama Curug Ngelai, dan bagian puncak bernama Curug Cikanteh. Ketiga curug ini dapat dinikmati dalam satu waktu dan satu lokasi. 

Curug yang memiliki 3 tingkat ini terbilang indah di antara curug lainnya yang berada di Sukabumi Jabar. Bagaimana tidak, selain air terjunnya yang indah, hamparan alam dan rimbunnya pepohonan hijau yang mengelilingi Curug Cikanteh ditambah suara gemuruh air yang mengalir, dan letaknya yang masih asri menjadikan Curug Cikanteh adalah salah satu tempat wisata favorit di Sukabumi Jawa Barat.

Fasilitas Curug Cikanteh Sukabumi

Fasilitas utama dari air terjun ini tak lain adalah curug tinggi yang begitu indah memanjakan mata. Air terjun cikanteh ini masih di kelola oleh penduduk setempat, namun begitu menjadikan air terjun ini sangat bersih dan asri. Bahkan karena lingkungannya yang bersih, curug cikanteh sering digunakan oleh wisatawan para pecinta alam untuk bercamping.

Curug Cikanteh masih memiliki fasilitas umum yang minim. Belum tertata sebagai tempat wisata pada umumnya. Jalan menuju Curug Cikanteh juga sedikit menguras tenaga. Namun hal ini lah yang membuat Curug Cikanteh tetap terasa asri alami cocok untuk tempat pelepas penat. Hanya orang -orang dengan jiwa petualang yang siap menikmati keindahan Curug Cikanteh ini.

Harga Tiket Masuk Curug Cikanteh Geopark Ciletuh Sukabumi

Wisatawan tidak akan menyesal mengunjungi Curug Cikanteh Ciletuh ini. Selain air terjun indah dan alamnya yang hijau asri, tiket masuknya juga sangatlah murah. Wisatawan hanya perlu membayar HTM Curug Cikanteh sebesar Rp 2.500 / orang. Dan biaya tambahan untuk tarif parkir sebesar Rp 5.000 untuk motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Lokasi Curug Cikanteh Sukabumi

Alamat Curug Cikanteh berada di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177. Untuk Perjalanan Ke Curug Cikanteh, wisatawan akan menempuh jalur yang cukup menanjak serta melewati hutan tropis yang sejuk dan lebat. Menyusuri semak semak dan menyebrangi sungai, namun semua akan terbayar dengan segala keindahan dari Curug Cikanteh.

Galeri Foto Curug Cikanteh Sukabumi

Curug Cikanteh Sukabumi
Curug Cikanteh Sukabumi
Curug Cikanteh Geopark Ciletuh
Curug Cikanteh Geopark Ciletuh
Perjalanan Ke Curug Cikanteh
Perjalanan Ke Curug Cikanteh
Misteri Curug Cikanteh
Misteri Curug Cikanteh
Demikian informasi Curug Cikanterh Wisata Alam Sukabumi. Selalu kunjungi wisatainfo untuk update informasi wisata terbaru di Indonesia. Happy Traveling.
Previous Post Next Post