Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Umbul Manten Di Klaten Jawa Tengah

Umbul Manten Klaten
Harga Tiket Masuk Umbul Klaten Jawa Tengah - Berwisata memang akan memberikan kenangan yang tak terlupakan, apalagi berwisata di tempat yang menarik, memiliki suasana yang menenangkan, serta ditemani orang - orang terdekan akan memberikan terapi yang baik. Klaten salah satu alternatif yang tepat untuk dikunjungi. Kota kecil di Jawa Tengah yang menyuguhkan berbagai tempat wisata salah satunya yang menjadi populernya Klaten adalah lokasi wisata air atau umbulnya. Ditambah letaknya klaten yang dekat dengan Kota Jogja akan memberikan nilai tambahan. 

Salah satu wisata air yang sangat populer di kota Klaten iyalah Umbul Manten atau Kolam Air Manten. Umbul di Klaten ini memiliki mata air alami yang sangat menyegarkan karena sangat dijaga kealamianya. Umbul Manten Klaten salah satu pilihan wisata murah di Jateng yang seru serta akan memberikan kenangan abadi berupa oleh - oleh foto instagramable indah di dalam Air.

Sejarah Dan Mitos Umbul Manten Klaten

Obyek Wisata Umbul Manten memiliki panjang ± 70 meter dan lebarnya 40 meter. Sedangkan umbul ini memiliki kedalaman air hanya mencapai 1,5 meter. Umbul yang berarti lain kolam alami, sedangkan pemberian nama dari Manten memiliki beberapa interpretasi. Manten merupakan istilah Jawa artinya pengantin yang merujuk pada sepasang pohon. Hal ini karena dibuktikan adanya pohon sekitar kolam tumbuh sepasang yang saling berdampingan. Itulah asal usul dari penamaan Umbul Manten.

Terdapat sebuah Legenda / Mitos Umbul Manten mengenai asal-usul penyebutan nama umbul tersebut. Kabarnya pernah ada sepasang suami istri yang hilang secara misterius di tempat ini karena melanggar Larangan Umbul Manten. Saat itu tiba-tiba sang istri tidak terlihat oleh suami, begitu pula sebaliknya. Larangan atau Adat yang dimaksud adalah larangan keluar rumah bersama-sama selama 40 hari setelah pernikahan.

Keindahan Wisata Umbul Manten Klaten Jateng

Umbul Manten Di Klaten merupakan sebuah kolam alami dengan ukuran 70 x 40 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 meter yang kini menjadi wisata populer di Klaten Jawa Tengah. Sesampai di lokasi wisata Umbul Manten wisatawan tidak perlu takut terbawa gelombang maupun kepanasan, sebab tempat snorkling di Klaten indah kali ini bukan laut yang memiliki gelombang yang deras melainkan sebuah sumber mata air alami tanpa menggunakan sedikitpun obat penjernih yang sangat segar dan sangat jernih.

Umbul Manten sangat terasa lebih alami daripada umbul lainnya, karena terdapat banyak pohon Ipik yang menjadi atap alami lokasi Umbul Manten sehingga hawa sejuk dan rindang akan menemani setiap wisatawan yang berkunjung. Umbul Manten memiliki dasaran yang masih sangat alami berupa hamparan pasir luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni, namun air di Umbul Manten ini tidak amis karena sumber mata airnya mengalir terus-menerus.

Keindahan hakiki di Umbul Manten yang juga menjadi daya tarik utama wisata ini adalah spot snorkling air tawar dan berfoto dibawah air. Tempat surganya pemburu hunting foto dalam air. Saking indahnya hasil foto di Umbul Manten ini banyak wisatawan yang menjadikan lokasi ini sebagai tempat mengabadikan momen sesi foto Prewedding. Banyak poperti foto keren instagramable yang disewakan di Umbul Manten ini sehingga akan menambah mahal hasil seni pemotretan.

Fasilitas Umbul Manten Klaten Jawa Tengah

Bukan hanya keindahannya saja yang menjadi daya tarik, namun fasilitaspun juga sangat diperhatikan pengelola wisata. Fasilitas di Umbul Manten Klaten ini juga sudah tergolong lengkap. Mulai dari fasilitas berupa area parkir, toilet, kamar ganti hingga tampat beribadah semua tersedia di Umbul Klaten ini. Wisatawan juga dapat menyewa hammock untuk bersantai dibawah rindangnya pohon - pohon Ipik. Selain itu, wisatawan juga dapat melakukan aktifitas yang menarik dan tentunya menyenangkan. Aktifitas di Umbul Manten antara lain :
  • Bersantai di Bawah Pohon Ipik
  • Menikmati Keindahan Kolam Alami
  • Berenang dengan alat pelampung
  • Spot Snorkling ( Menyelam di dalam air )
  • Berfoto di Dalam Air
  • Menikmati Terapi ikan
  • Menyewa Hammock
  • Menikmati wahana menjaring ikan
Setelah lelah melakukan aktifitas yang seru di Umbul Manten, tentunya wisatawan merasakan lapat. Di Umbul Manten ini juga tersedia berbargai warung, yang menyediakan menu makanan yang lezat. Disamping itu, Harga Tiket Masuk Umbul Manten Di Klaten Jawa Tengah ini juga sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket Masuk Umbul Manten Di Klaten Jawa Tengah

Bagi wisatawan yang ingin menikmati Umbul Klaten tentunya harus membayar HTM yang sudah ditentukan. HTM Umbul Manten Klaten hanya sebesar Rp 6.000,-. harga tiket pada hari libur Rp 10.000. Sedangkan biaya parkir Umbul Manten sebesar Rp 2.000,-. Harga tersebut dapat berubah sewaktu - waktu sesuai kebijakan pengelola.

Lokasi Umbul Manten Klaten

Wisata Populer Di Klaten ini berada di alamat Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482. Berjarak sekitar 23 km dari Kota Solo, Dan berjarak sekitar 47 km dari pusat Kota Jogja. Untuk Rute Menuju Umbul Manten bisa dimulai dari dua jalur tersebut.

Jam Buka Umbul Manten Klaten

Mengenai Jam Buka / Jam Operasional Umbul Manten dibuka mulai pukul 06.00 - 18.00 WIB pada setiap harinya.

Galeri Foto Umbul Manten

Umbul Manten Klaten
Umbul Manten Klaten
Tiket Masuk Umbul Manten
Tiket Masuk Umbul Manten
Umbul Di Klaten
Umbul Di Klaten
Sejarah Umbul Manten
Sejarah Umbul Manten
Wisata Popuper Di Klaten
Wisata Popuper Di Klaten
Foto Prewedding Di Umbul Manten
Foto Prewedding Di Umbul Manten
Demikian informasi Harga Tiket Masuk Umbul Manten Di Klaten beserta informasi lainnya. Tetap kunjungi wisatainfo untuk mendapatkan informasi wisata terbaru di Indonesia.
Previous Post Next Post