Mempesonanya Keindahan Wisata Candi Ijo Yogyakarta

Wisata Candi Ijo Terbaru - Candi Ijo merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup kondang di Sleman Yogyakarta. Tempat wisata sejarah Jogja ini tak pernah sepi dari pengunjung domestik maupun pengunjung mancanegara. Wisata ini memiliki pesona tersendiri yang mampu memikat hati para wisatawan untuk ikut menikmati keindahanya. Selain Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang menjadi primadona candi di Yogyakarta, Candi Ijo juga tidak kalah indahnya dengan 2 candi tersebut. 

Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu, berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kira-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun antara kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram ( Wikipedia ).

Keberadaan Candi Ijo kalasan yang terletak diantara perbukitan yang sama dengan candi lainnya seperti Candi Ratu Boko, Candi Barong dan Candi Banyunibo menjadikan tempat wisata yang satu ini memiliki daya tarik yang kuat bagi para wisatawan. Awalnya bisa disebut candi ijo karena candi ijo berada di bukit ijo atau gumuk ijo yang memiliki ketinggian sekitar 357,402 m – 395,481 m dpl. Sebagai candi populer di Jogja para pengelola wisata sudah mempersiapkan berbagai fasilitas lengkap yang siap menemani pengunjung saat berwisata di sana. 

Fasilitas Wisata Candi Ijo Yogyakarta

Sesampai di Candi Ijo wisatawan akan disuguhkan sebuah hamparan lembah yang curam yang sangat indah begitu menawan. Dan apabila wisatawan memandang ke arah Barat, akan tampak megahnya Bandara Adisucipto yang terletak di tepi barat perbukitan ini. Selain itu Candi Ijo terkenal dengan tempat untuk menikmati keindahan terbit dan tenggelamnya matahari, karena Candi Ijo yang berada di perbukitan yang tinggi akan sangat mudah untuk melihat sunrise dan sunset tanpa halangan apapun.

Mengenai fasilitas umum juga sudah disiapkan semua, fasilitas seperti toilet, area parkir, mushola / tempat ibadah, dan lainnya. Bagi wisatawan yang ingin mengetahui sejarah, asal usul candi ijo bisa mendatangi di pos penjagaan. Jika kalian ingin menikmati kuliner bisa kembali di kawasan candi Prambanan. Sementara HTM Candi Ijo yang sangat murah sangat tersayangkan jika tidak mampir di wisata candi jogja ini.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo Jogja Terbaru

Mengenai HTM Wisata Candi Ijo Terbaru wisatawan akan dikenai biaya masuk Candi ijo sebesar 0 Rp atau Gratis, hanya saja diminta membayar tarif parkir sebesar Rp 2.000. Tak salah jika Candi Ijo merupakan wisata murah meriah di Jogja.

Lokasi dan Rute Candi Ijo 

Tempat wisata yang semakin terkenal ini terletak di Kota Yogyakarta, tepatnya di Dusun Kikis, Sambirejo, Prambanan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55572 ( Google Maps ). Untuk rute menuju Candi Ijo jika dari arah Prambanan bisa memilih jalur bus transjogja ( jalur 1 A atau 1 B) . Dari candi Prambanan menggunakan jasa ojek atau taxi menuju kearah selatan ( kekanan jika berasal dari Yogyakarta, kekiri jika dari arah Solo. Arah untuk menuju candi Ijo berada di jalan raya yang menghubungkan Yogyakarta dan Piyungan. Setelah berjalan sekitar 15 menit anda akan dapat menemukan papan nama arah ke candi Ijo yang selanjuttnya anda akan dibawa ke kompleks candi Ijo yang terletak di Bukit Ijo. Candi Ijo berjarak sekitar 28 Km dari pusat kota Jogja.

Mengenai Jam Buka Candi Ijo dibuka mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Galeri Foto Candi Ijo Sleman Yogyakarta

candi ijo jogja
candi ijo jogja
sunrise candi ijo
sunrise candi ijo
sunset di candi ijo jogja
sunset di candi ijo jogja
sejarah candi ijo
sejarah candi ijo
wisata hits jogja
wisata hits jogja
wisata murah meriah jogja
wisata murah meriah jogja
wisata sejarah jogja
wisata sejarah jogja
wisata terbaru sleman
wisata terbaru sleman
pesona candi ijo jogja
pesona candi ijo jogja
tempat wisata dekat candi prambanan
tempat wisata dekat candi prambanan
Semoga bermanfaat artikel ini. Terus kunjungi wisatainfo untuk memperoleh informasi tempat wisata terbaru di Indonesia. Terima Kasih...
Previous Post Next Post