Tiket Masuk dan lokasi Curug Larangan Sukabumi Jawa Barat

Tiket Masuk dan lokasi Curug Larangan Sukabumi Jawa Barat
Tiket Masuk dan Lokasi Curug Larangan Sukabumi Jawa Barat - Jawa Barat terkenal dengan kota Bogor nya yang populer dengan tempat wisata alam seperti curug atau air terjun. Seperti yang telah di rangkum sebelumnya di Daftar Curug Bogor paling Indah yang dapat wisatawan kunjungi. Namun selain Bogor, Sukabumi juga memiliki wisata curug yang tak kalah indahnya. Ada satu curug yang tak boleh terlewatkan untuk wisata keluarga di Kabupaten Sukabumi. Nama Curugnya adalah Curug Larangan.

Curug Larangan merupakan salah satu curug (air terjun) yang berada di Kabupaten Sukabumi tepatnya terletak di kawasan wisata nasional Geopark Ciletuh. Berlokasi di Desa Girimukti, Curug Larangan memiliki pesona tersendiri bagi wisatawan.

Mitos Sejarah Curug Larangan Sukabumi

Sebelum membahas pesona keindahan, disetiap wisata alam tentunya memiliki mitos, mistis, dan sejarah yang melegenda. Asal usul dari penamaan Curug Larangan, mitosnya pada zaman dahulu setiap orang yang mengunjungi curug ini pasti dia tidak akan pernah kembali lagi alias hilang. Dan akhirnya diberi nama curug Larangan. 

Namun seiring jalannya waktu, cerita dari Curug Larangan tersebut hanyalah sebuah mitos terlebihnya kini terus melakukan penataan menjadi kawasan wisata, curug yang masuk ke dalam kawasan Geopark Ciletuh ini menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang wajib dikunjungi karena keindahan dan kesejukan airnya.

Pesona Keindahan Curug Larangan Sukabumi

Curug Larangan di Sukabumi ini memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan. Curug indah di Sukabumi ini memiliki ketinggian air terjun sekitar 50 meteran. Curug Larangan menyuguhkan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Salah satunya dengan air yang jernih dan menyejukan ditambah dengan ciri khasnya yakni dikelilingi oleh hutan lebat dan tebing bebatuan disekitar curug yang cukup tinggi dan bewarna kehitaman.

Keberadaannya yang terletak di kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat tentu menyuguhkan suasana yang asri dan dingin. Apalagi curug ini tergolong curug tersembunyi di Sukabumi tentunya lokasinya masih sangat terjaga keasriannya. Aliran air di Curug Larangan ini cukup deras sehingga wisatawan jangan terlalu dekat dengan air terjun. Bagi Anda yang tidak kuat dengan air dingin jangan mencoba untuk berenang di Curug Larangan ini.

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di Curug Larangan Loji. Ada beberapa wisatawan yang mendirikan tenda didepan air terjun larangan. Ada juga yang mendirikan hammock di pohon depan air terjun. Selain itu yang paling menarik yakni mengabadikan momen dengan berswafoto dengan latar belakang Curug Larangan yang indah. Mengingat curug ini belum tertata seperti wisata populer di Sukabumi, Tiket Masuk Curug Larangan masih sangat murah.

Fasilitas Curug Larangan Sukabumi

Untuk fasilitas utama di Curug Larangan ini tentunya keindahan air terjun tinggi yang menawan. Selain itu, pengelola wisata curug ini telah menyediakan fasilitas umum berupa :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Warung Makan
Destinasi wisata curug di Sukabumi ini masih dalam tahap penataan, namun pengelola akan terus menambah fasilitas demi kenyamanan wisatawan.

Tiket Masuk Curug Larangan Sukabumi Jawa Barat

Curug Larangan Pelabuhan Ratu ini termasuk wisata murah di Sukabumi. Hal ini dibuktikan dengan Harga Tiket Masuk Curug Larangan yang masih murah. Untuk dapat masuk wisatawan akan dikenakan HTM Curug Larangan sebesar Rp 5.000/orang. Itupun sudah termasuk biaya tarif parkir. 

Lokasi Curug Larangan Sukabumi

Untuk Alamat Curug Larangan ini berada di Girimukti, Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat 43177. Untuk Akses menuju Curug Larangan cukup mudah, hanya saja jalannya sedikit belum tertata.

Mengenai Rute menuju Curug Larangan jika Anda dari pusat Sukabumi cukup jauh. Berjarak sekitar 74 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 2 jam lebih. Rutenya bisa melalui akses jalan Puncak Darma – Loji dengan titik tujuan Jembatan Cisaar. Terdapat jalan setapak setelah melakukan perjalanan dari jembatan sekitar 100 meter.

Sesampai disana, bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda dua bisa dititipkan di rumah warga sedangkan untuk yang menggunakan mobil, dapat menggunakan jasa ojeg atau menempuh lokasi dengan cara berjalan kaki untuk menuju tempat ini.

Jam Buka Curug Larangan Sukabumi

Mengenai Jam Buka / Jam Operasional Curug Larangan dibuka mulai pukul 09.00 hingga pukul 17.00 WIB pada setiap harinya.

Galeri Foto Curug Larangan Jawa Barat

Curug Larangan Sukabumi Jawa Barat
Curug Larangan Sukabumi Jawa Barat
Curug Larangan Pelabuhan Ratu
Curug Larangan Pelabuhan Ratu
Curug Larangan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhan Ratu
Curug Larangan Kawasan Geopark Nasional Ciletuh Palabuhan Ratu
Harga Tiket Masuk Curug Larangan Sukabumi
Harga Tiket Masuk Curug Larangan Sukabumi
Lokasi Curug Larangan Sukabumi
Lokasi Curug Larangan Sukabumi
Foto by :
@abee_aries
@aditia.putra.21
@navigator_idn
@kamana_ih
@genpisukabumi
@agoes_hm

Demikianlah informasi terkait Tiket Masuk dan Lokasi Curug Larangan di Sukabumi Jawa Barat. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi sebelum mengunjungi Curug indah di Sukabumi ini. Jangan lupa apabila Anda ingin berlibur bisa cek di Wisatainfo terlebih dahulu. Thank you for visiting...
Previous Post Next Post