Info Penginapan dan Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey 2021

Info Penginapan dan Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwdey
Info Penginapan dan Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwdey - Bandung merupakan salah satu kota yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga. Kota ini tak pernah lepas dari perbincangan para traveler, bagaimana tidak dengan alamnya yang indah dan keasrian yang masih terjaga menjadi alasan untuk selalu kembali ke kota ini. Berbagi destinasi wisata di Bandung ini siap memanjakan, salah satunya yang tak boleh dilewatan adalah Wisata Situ Patenggang di Ciwidey. Tempat wisata di Bandung nan asri yang kental nuansa alam berupa danau. Situ Patenggang Bandung akan menjadi sangat tepat bagi wisatawan yang ingin menenangkan pikiran dan melupakan sejenak penat yang ada. 

Obyek Wisata Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang merupakan salah satu obyek wisata alam yang terletak di Ciwidey Bandung. Salah satu tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan panorama Danau.  Lokasi Situ Patenggang berada di bawah kaki Gunung Patuha. Arti nama dari Situ diambil dari bahasa Sunda yang berarti danau dengan pemandangan yang sangat eksotik. Obyek wisata alam di Ciwidey ini dikelilingi 48 hektar perkebunan teh yang berada di ketinggian 1600 mdpl. Dengan udaranya sejuk, asri, dan menyegarkan tentu membuat siapa saja betah berlama lama disana. 

Danau Situ Patenggang memiliki luas mencapi 45.000 hektar tersebut berada di dalam cagar alam sebesar 123.077 hektar. Pada tahun 1981 danau ini dikembangkan menjadi taman wisata alam di Bandung yang patut dikunjungi. Sesampai di lokasi wisata alam ini anda akan di manjakan pemandangan alam yang indah dengan susana sejuk khas pegunungan. Daun teh yang hijau serta pepohonan lain yang asri di kawasan Wisata Situ Patenggang sangat indah jika dipadukan dengan jernihnya air dan birunya langit. Hal tersebut sangat cocok dijadikan tempat hunting foto di Ciwidey, bahkan tempat ini kerap dijadikan sesi Prewedding.

Bagi kalian yang memilih sesi Prewedding di Situ Patenggang adalah pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, dengan keindahan yang menawan berupa goresan kabut tipis yang menggantung rendah membuat suasana benar-benar romantis. Dan memilih berlibur di Situ Patenggang ini seolah-olah segala masalah yang sedang dihadapi lenyap begitu saja saat menghirup segarnya udara dilokasi wisata. Tak salah tempat wisata Situ Patenggang Rancabali tampaknya mulai menjadi area pelepas lelah favorit di kalangan wisatawan, bahkan yang berasal dari luar Bandung.

Sejarah Situ Patenggang yang Melegenda

Sejarah dan Legenda Situ Patenggang Bandung
Sejarah dan Legenda Situ Patenggang Bandung
Selain keindahan yang dimilikinya, setiap tempat wisata alam kebanyakan pasti memiliki Mitos, Sejarah, Misteri yang masih melegenda ditengah rakyat. Asal mula penamaan Situ Patenggang ini berasal dari kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang harus terpisah. Ki Santang dan Dewi Rengganis berupaya untuk saling mencari, hingga pada suatu hari dipertemukan di tempat ini. Patenggang merupakan asal mula dari kata ‘pateangan-teangan’ yang berarti saling mencari. Setelah mereka bertemu, Rengganis meminta Ki Santang membuatkan danau dengan pulau kecil di tengahnya. Kemudian daratan kecil ini kini bernama pulau Sasuka atau lebih dikenal dengan sebutan Pulau Asmara.

Ternyata Mitos Situ Patenggang ini masih legenda sampai sekarang. Mitos yang masih dipercaya hingga saat ini bahwa para pengunjung yang datang ke Batu Cinta Situ Patenggang dan juga dilanjutkan dengan berkeliling ke Pulau Asmara ini maka kisah cinta mereka akan abadi seperti Ki Santang dan juga Dewi Rengganis. Bagi kalian yang percaya atau tidak yang paling penting kini telah menjadi tempat wisata alam yang menyuguhkan keindahan yang memanjakan.

Fasilitas Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang 2021 bisa dibilang sebagai tempat favorit di Bandung. Tempat wisata alam ini kembali hidup setelah dikelola dengan baik. Berbagai spot yahut di Situ Patenggang menjadi perbincangan bagi para pecinta wisata. Setiap sudut Situ Patenggang menjadi obyek foto yang cantik untuk mengabadikan momen. Wisatawan tentunya tidak akan kekurangan spot untuk mengabadikan momen di Situ Patenggang ini. 

Layaknya wisata alam unggulan Bandung, tentunya selalu memperhatikan fasilitas yang memadai. Hal tersebut dibuktikan dengan tersedianya fasilitas penunjang kenyamanan wisatawan. Fasilitas yang ditawarkan di Situ Patenggang antara lain :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Toko Souvenir
  • Warung Makan
  • Glamping Situ Patenggang
  • Persewaan Tenda
  • Persewaan Tikar
  • Sewa Perahu Dayung
  • Sewa Sepeda Air
  • Preweeding Situ Patenggang
  • Camping Ground
Itulah fasilitas yang tersedia di Danau Situ Patenggang Ciwidey. Untuk menikmati fasilitas tersebut tentu wisatawan harus membayar Tiket Situ Patenggang yang berlaku. 

Tiket Masuk Situ Patenggang Ciwidey Bandung 2021

Bagi anda yang tertarik dan merencanakan untuk berlibur ditempat wisata ini tentu tidak ada salahnya untuk mengetahui informasi Harga Tiket Masuk Situ Patenggang. Berikut HTM Situ Patenggang yang berlaku :
  • Weekday
- Rp 18.000 ( wisatawan lokal )
- Rp 135.000 ( wisatawan mancanegara )
  • Weekend
- Rp 20.500 ( wisatawan lokal )
- Rp 185.000 ( wisatawan mancanegara )
  • Tari Parkir : Rp 3.500 - Rp 22.000 ( motor, mobil, bus )
  • Sewa Sepeda Air : Rp 40.000 / jam
  • Sewa Perahu Dayung : Rp 150.000
Harga Masuk Situ Patenggang Bandung tersebut dapat sewaktu – waktu berubah. Informasi diatas dapat dijadikan patokan sebelum mengunjungi tempat wisata ini.

Info Penginapan di Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Bagi wisatawan yang berasal dari luar kota dan belum puas menikmati keindahan Situ Patenggang bisa langsung menyewa Villa atau Penginapan di Situ Patenggang. Berikut Rekomendasi Villa Situ Patenggang :
  • Penginapan Nugraha Patenggang 
  • Glamping Lakeside Rancabali
  • Cimanggu Cottage Ciwidey 
  • D’Riam Resort
  • Kampong Pa’go
Untuk harga Penginapan Situ Patenggang bisa dicek di Google Maps atau situs resmi dari masing masing penginapan.

Lokasi Situ Patenggang Bandung

Destinasi Wisata Alam di Bandung ini berada di alamat Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Untuk Rute ke Situ Patenggang bisa ditempuh dari pusat Ciwidey dengan jarak 18 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 44 menit.

Rute Menuju ke Situ Patenggang 

Ada beberapa Rute ke Situ Patenggang dari Jakarta bisa melewati tol Cipularang yang dilanjutkan keluar di Pintu Tol Kopo. Kemudian langsung menuju ke Soreang dan Ciwidey yang sudah berdekatan dengan Situ Patenggang. Dari situ wisatawan juga bisa keluar di pintu Tol Buah Batu yang dilanjutkan di Banjaran dan kemudian ke Soreang, Ciwidey dan Patenggang. 

Jam Buka Situ Patenggang Ciwiedey Bandung

Untuk Jam Buka Situ Patenggang Ciwidey dibuka mulai pukul 08.00 hingga pukul 20.00 WIB pada setiap harinya.

Galeri Foto Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Situ Patenggang Ciwidey Bandung
Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Tiket Masuk Situ Patenggang
Tiket Masuk Situ Patenggang 

Prewedding Situ Patenggang
Prewedding Situ Patenggang

Penginapan di Situ Patenggang
Penginapan di Situ Patenggang

Glamping Situ Patenggang
Penginapan di Situ Patenggang

Danau Situ Patenggang
Danau Situ Patenggang
Demikian informasi lengkap mengenai Situ Patenggang 2021 yang telah dirangkum Wisatainfo. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat anda jadikan referensi sebelum mengunjungi tempat wisata ini. Terima Kasih.
Previous Post Next Post