Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral

Ranu Manduro Ngoro Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Ranu Manduro Ngoro Mojokerto - Mojokerto ternyata juga memiliki tempat wisata yang sangat beragam, mulai dari tempat wisata alam hingga wisata kuliner semua tersaji komplit di Mojokerto. Sebagai salah satu Kabupaten yang berada di Jawa Timur, tentunya Mojokerto akan selalu memperbaiki lokasi wisatanya. Banyak surga wisata yang belum banyak orang tahu Di Mojokerto. Salah satunya adalah Wisata Ranu Manduro, tempat wisata ini sedang naik daun berkat banyak pengunjung yang memosting foto kerennya di media sosial. Berkat pengelolaan yang serius kini Ranu Manduro ini menjadi salah satu tempat wisata populer di Mojokerto.

Sejarah Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Destinasi wisata Ranu Manduro ini dulunya bukanlah tempat wisata. Sebelum keindahan Ranu Manduro menjadi viral ada kisah kelam dibaliknya, dulu Ranu Manduro merupakan bekas galian C sirtu (pasir dan batu) yang saat ini terbengkalai dan tidak direklamasi. Kisah galian C tersebut mulai beroperasi sekitar tahun 2014. Kemudian seiring jalannnya waktu dari tahun ke tahun, galian ini semakin melebar dan meluas. Selain itu, tempat ini memiliki dampak yang sangat meresahkan warga. Dampaknya dengan munculnya polusi debu, asap kendaraan, jalan berlubang, dan berkurangnya air bersih.

Pada tahun 2016 galian ini mulai berkembang cukup pesat dan semakin luas. Kemudian pada saat itu lalang truck pengangkut sirtu tak pernah berhenti setiap hari. Tak bertahan cukup lama. Lalu pada awal tahun 2018 galian ini di tutup, karena kabarnya yang punya lahan meninggal dunia. Disinilah awal mula Ranu Manduro mulai muncul. Pada tahun 2018 inilah musim penghujan datang. Kemudian terciptalah kubangan air yang cukup besar di bekas galian, seperti danau buatan. Disinilah masyarakat menyebutnya dengan danau Ranu Manduro. Keindahan danau inilah memang yang membuat siapa saja tertarik. Keindahan sebuah kubangan air serta hamparan ladang hijau yang luas bebatuan ditambah view indah berupa panorama Gunung Penanggungan.

Kemudian setelah viral bebrapa bulan di tahun 2018, danau ini mulai menghilang solah olah ditelan waktu. Bukan karena tidak alasan, namun ketika sudah ramai muncul konflik di tengah masyarakat sekitar. Hingga akhirnya saat musim kemarau datang, sang pewaris pemilik galian memutuskan utk menguras danau tersebut. Dan pada akhirnya tiba di Februari 2020 kemaren. Musim penghujan pun kembali datang, Keindahan Ranu Manduro kembali muncul. Namun kini bukan lagi danau, tapi saat ini semacam perbukitan hijau serta bebatuan yang indah. Dan tidaklah hilang hiasan panorama Gunung Penanggungan yang menambah keindahan pemandangan Ranu Manduro.

Sejarah Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Sejarah Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Obyek Wisata Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Selepas Sejarah Ranu Manduro yang cukup kelam, kali ini saatnya membahas keindahan yang ada di wisata ini. Tempat Wisata Terbaru di Mojokerto ini menyuguhkan hamparan perbukitan hijau dan Pegunungan Penanggungan, hal ini juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sesampai di wisata viral Mojokerto ini wisatawan akan seolah olah sedang berada di Negara Selandia Baru karena lanskapnya yang memanjakan mata. Wisata Ranu Manduro Mojokerto kini menjadi salah satu kawasan wisata yang menawarkan pengalaman tak terlupakan. 

Terlebihnya sekarang memasuki musim hujan, tentunya kawasan ini menciptakan keindahan yang menawan dengan menghijaunya rerumputan dan lumut. Namun, jika memasuki musim panas, kawasan ini akan berubah pemandangan layaknya Timur Tengah. Tak heran jika Ranu Manduro Ngoro kini pada setiap harinya dikunjungi ribuan pengunjung yang penasaran akan keindahannya. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk mengabadikan momen dengan berfoto selfie berlatar belakang perbukitan indah. Namun akses menuju Ranu Manduro sedikit sulit jika ditempuh dengan mobil, kami sarankan untuk menuju ke lokasi wisata ini kalian sebaiknya memakai kendaraan motor.

Untuk Waktu yang tepat mengunjungi Wisata Ranu Manduro Ngoro ini pada pagi hari, kalian akan disuguhi pemandangan yang indah berupa pegunungan yang diselimuti kabut serta suasananya masih sangat asri, sangat cocok bagi kalian yang mencari udara segar. Namun setelah 2 jam kemudian, embun dan kabut tersebut berubah menjadi asap polusi kendaraan, suara angin berganti menjadi suara klakson dan mesin kendaraan. Jadi untuk menjaga Wisata Ranu Manduro supaya tetap asri, bagi pengunjung yang datang dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan disekitaran lokasi wisata. Disamping itu tempat wisata viral di Mojokerto ini masih belum dikelola resmi oleh pemerintah jadi untuk Fasilitas di Ranu Manduro masih sangat minim.

Fasilitas Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Hal yang menarik di Ranu Manduro Ngoro adalah pemandangannya yang luar biasa, wisatawan disana dapat menemukan banyak bebatuan yang juga biasa dimanfaatkan untuk mengabadikan moment indah dengan berfoto atau berselfie. Dengan hawa alam khas Mojokerto Jawa Timur dan dengan keasrianya dijamin suasana berlibur akan terasa semakin lengkap. Layaknya sebuah gunung, wisata Ranu Manduro ini juga minim fasilitas umum. Fasilitas umum di tempat wisata mojokerto hanya tersebar dibeberapa titik saja. Lain halnya dengan Area Parkir, Toilet, serta warung akan ditemui wisatawan yang menjajakan makanan dan minuman. Dikawasan Ranu Manduro Ngoro ini akan banyak jasa yang menawarkan fasilitas berupa kendaraan motor untuk transportasi menuju lokasi wisata. Banyak wisatawan juga yang sudah mendirikan tenda untuk camping di Kawasan Ranu Manduro. Oleh karena itu sebelum melanjutkan rencana berlibur di Wisata Ranu Manduro ini ada baiknya jika tahu harga tiket masuk Ranu Manduro Mojokerto terbaru.

Harga Tiket Masuk Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Wisata Mojokerto Viral ini tergolong tempat wisata murah di Jawa Timur, karena HTMnya murah. Karena HTM Ranu Manduro Ngoro Mojokerto cuma tarif parkir kendaraan, dengan biaya tarif parkir sebesar Rp 3.000 untuk Motor, dan Rp 10.000 untuk Mobil. Murah bukan, segeralah rencanakan untuk mengunjungi tempat wisata menakjubkan di Mojokerto ini.

Lokasi Dan Rute Menuju Ranu Manduro Ngoro Mojokerto

Wisata Mojokerto Populer mendadak ini menempati alamat di Mandurono, Manduro MG, Ngoro, Mojokerto, Jawa Timur 61385. Akses menuju Ranu Manduro Ngoro cukup sulit untuk ditempuh karena letaknya berada di perbukitan, untuk Rute Menuju Ranu Manduro Ngoro jika kalian dari pusat Kota Jawa Timur harus menempuh jarak sekitar 56 Km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 jam 30 menit. Untuk Rutenya kalian langsung arahkan menuju Mojokerto, sesampai disana arahkan kendaraan anda menuju kawasan NIP kemudian lurus ke arah timur ke kawasan Gempol. Kemudian kalian ambil arah gang gapurah dari situlah kalian akan sampai di lokasi wisata Ranu Manduro Ngoro.

Keindahan Ranu Manduro Yang Tak Tertandingi

Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Wisata Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Wisata Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Tiket Masuk Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Tiket Masuk Ranu Manduro Ngoro Mojokerto
Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral
Itulah informasi tentang Sejarah, Fasilitas, Harga Tiket Masuk serta Lokasi Ranu Manduro Ngoro, Destinasi Wisata Mojokerto Yang Lagi Viral. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk mampir di Wisatainfo jika kalian akan mencari tempat wisata di Indonesia. Terima Kasih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel