Lokasi Air Terjun Kapas Biru Lumajang dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Air Terjun Kapas Biru Lumajang - Lukisan nyata dari keindahan surga Tuhan. Wisata alam Jawa Timur seolah-olah memberi bocoran keindahan surga kelak nanti. Kontur alam berupa air, batu, tumbuhan, udara, matahari, bahkan sampai pelangi menjadi perpaduan apik di kota yang satu ini. Memang tak ada salahnya berwisata di Lumajang Jawa Timur ini. Selain pilihan tempat wisatanya yang begitu beragam, Lumajang kota pisang raja juga mempunyai tempat alam yang masih sangat asri. Seperti Air Terjun Kapas Biru Lumajang, sebuah wisata air terjun istimewa untuk Quality Time bersama keluarga, kerabat atau teman dekat.

Asal - usul Air Terjun Kapas Biru

Kapas Biru merupakan sebuah suguhan dari Tuhan untuk para manusia yang selalu senantiasa bersyukur. Keindahannya sungguh menawan hati dan memanjakan pandangan mata. Pikiranpun jadi lebih segar sehingga bisa dijadikan sebagai tempat pelepas penat. Air Terjun / coban ini memiliki aliran yang putih dan deras bagaikan tirai, di bagian sebelah sisinya muncul warna kebiruan jika dilihat dari jauh. Itulah mengapa awalnya di beri nama Kapas Biru.

Air Terjun Kapas Biru atau Coban Kapas Biru merupakan salah satu air terjun yang sangat disayangkan jika tidak dikunjungi. Karena air terjun ini banyak menyebutnya sebagai tetesan surga yang sangat indah. Air terjun di Lumajang ini tergolong air terjun tertinggi di Jawa Timur, yakni memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Sumber airnya yang berasal dari aliran anak Sungai Besukbang/Sungai Lengkong yang berhulu di lereng Gunung Semeru menjadikan airnya begitu segar dan masih sangat asri. 

Air Terjun Andalan Jatim ini merupakan salah satu dari banyaknya air terjun yang terbentuk ditepian lembah-lembah curam Sungai Besukbang-Glidik di perbatasan Kabupaten Malang - Kabupaten Lumajang. Pemandangan disekitar Air Terjun yang berada di ketinggian 500 Mdpl ini sangat indah. Didinding air terjun terdapat tebing – tebing tinggi berwarna coklat kemerahan dengan olesan lumut hijau serta rimbunnya pepohonanan disekitarnya yang menambah istiwewa Air Terjun Kapas Biru.

Keindahan Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru Lumajang
Air Terjun Kapas Biru Lumajang
Lokasi Air Terjun Kapas Biru
Lokasi Air Terjun Kapas Biru
Asal-usul Air Terjun Kapas Biru
Asal-usul Air Terjun Kapas Biru
Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru
Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru
Air Terjun Terindah Di Lumajang Jatim
Air Terjun Terindah Di Lumajang Jatim

Fasilitas Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru salah satu destinasi wisata alam yang menjadi jujukan para traveler pecinta petualangan.  Selain keindahan alam di sekitar air terjun, pengelola wisata juga menyediakan fasilitas yang dikelola dengan baik oleh warga sekitar, warga sekitar Air Terjun Kapas Biru juga ikut berpartisipasi dalam kepopuleran air terjun ini. 

Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pengarahan rute menuju lokasi. Para wisatawan akan diberi pengarahan sebelum menuju ke lokasi. karena tracknya sejauh 1 km yang menguras tenaga. Namun jalannya sudah bagus, ada anak tangga yang tersusun rapi dengan pegangan tangga.  Membutuhkan perjalanannya sekitar 30 menit, diawali dengan turun tangga dan melewati tengah hamparan persawahan. Namun perjalanan tak akan terasa membosankan karena wisatawan akan ditemani pemandangan indah disepanjang jalan.

Selain itu wisatawan akan menemukan fasilitas umum seperti tempat parkir yang cukup luas, Mushola, Kamar mandi / MCK, Warung makan dan lain sebagainya yang siap memenuhi kebutuhan pengunjung. Disamping fasilitas yang sudah cukup memadai, Harga Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru Lumajang juga tergolong sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi ke coban Kapas biru ini tak ada salahnya untuk mengetahui informasi mengenai HTM Kapas Biru. Informasi terbaru mengenai HTM Air Terjun Kapas Biru Lumajang adalah Rp 7.000 per orang . Serta biaya tambahan untuk tarif parkir kendaraan motor sebesar Rp 5.000.

Lokasi Air Terjun Kapas Biru 

Air Terjun Kapas Biru Wisata Alam di Lumajang ini beralamat di Pronojiwo, Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374. Berjarak sekitar 51.6 km dari pusat Kota Lumajang. Dan apabila dari kota Malang berjarak sekitar 70.1 km.

Rute Menuju Air Terjun Kapas Biru Lumajang

Rute perjalanan menuju Air Terjun Kapas jika dari Malang dapat di mulai dari daerah Kepanjen. Kemudian ambil arah melewati Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading – Pronojiwo hingga sampai di Polsek Pronojiwo. Sekitar 100 meter setelah Polsek Pronojiwo terdapat plakat Coban Kapas Biru. Dari situlah wisatawan tinggal ikuti petunjuk jalan tersebut. Jika dari Lumajang, ikuti jalan nasional Lumajang – Malang yaitu melewati Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – Pronojiwo dan sampai di lapangan Pronojiwo. Sekitar 300 meter setelah lapangan, terdapat banner Coban Kapas Biru. Ikuti petunjuk tersebut hingga tiba di area parkir. Dari area parkiran tersebut wisatawan harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun dengan jarak sekitar 1 km.

Jam Buka Air Terjun Kapas Biru

Mengenai jam buka Air Terjun Kapas Biru dibuka mulai pukul 05.00 - 16.00 pada setiap harinya.

Tips Berwisata di Air Terjun Kapas Biru

  • Pastikan dalam kondisi sehat, karena perjalanan cukup ekstrim
  • Sebaiknya berangkat dipagi hari
  • Mengunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki khusus outdor
  • Membawa pakaian ganti bagi yang ingin berbasah basahan di Air Terjun

Demikian informasi tentang Wisata Alam Air Terjun Kapas Biru yang berada di Lumajang Jawa Timur ini. Jangan lupa untuk selalu rendah hati dan selalu bersyukur, karena keindahan itu semua hanya milik Allah semata. Terus kunjungi wisatainfo.com untuk memperoleh informasi wisata terbaru di Indonesia.
Previous Post Next Post