6 Objek Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara Terbaru 2021 dengan View Indah

Objek Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara Terbaru 2020 dengan View Indah
photo by : @sudutt.pandang
Objek Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara - Tempat wisata berupa hamparan perbukitan dan pegunungan dengan view yang menawan kini menjadi jujugkan para traveler. Yakni berada di Jawa Tengah yang populer dengan nama Objek Wisata Dieng kini telah menjadi primadona wisatawan yang ingin merasakan sensasi berlibur dengan suasana pegunungan yang asri dan alami. 

Dieng merupakan salah satu destinasi wisata berupa dataran tinggi yang memiliki pemandangan indah memanjakan mata. Wisata ini berada di 2 wilayah yakni Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, kurang lebih 30 km dari kota Wonosobo. Wisata Dieng Wonosobo - Banjarnegara terletak di barat komplek Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Wisata Dieng menyuguhkan keindahan alam yang sangat menawan dan mampu membuat kagum para pelancong yang berkunjung. Selain itu untuk biaya liburannya di Dieng Jawa Tengah yang murah menjadi salah satu alasan utama mengapa daerah ini nampak selalu ramai dikunjungi. 

Daftar Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara Jawa Tengah

Berikut simak rangkuman dari Wisatainfo.com mengenai Daftar Objek Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara Terbaru.

1. Gunung Prau Dieng Wonosobo

Gunung Prau Dieng Wonosobo
Gunung Prau Dieng Wonosobo / photo by : @muhamadraiis
Wisata Gunung Prau merupakan salah satu tempat pendakian favorit di Kabupaten Wonosobo karena waktu tempuh pendakian yang tidak terlalu lama dan memang cocok untuk pemula. Hal paling menarik dari tempat wisata Dieng ini ialah Sunrise di Gunung Prau yang memanjakan, terlebihnya saat saat membuka pintu tenda seolah olah sedang berada di negri atas awan. 

Ketinggian Gunung Prau Dieng mencapai 2590 mdpl. Selain itu jika Anda datang saat cuaca cerah, Anda akan menyaksikan lima gunung yang megah ketika menghadap arah timur, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu. Sedangkan jika melihat ke arah barat, akan terlihat Gunung Slamet. Puncak Gunung Prau Dieng berada di alamat Kalilembu, Dieng, Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

2. Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Bukit Sikunir Dieng Wonosobo
Bukit Sikunir Dieng Wonosobo / photo by : @annisamalati
Saat mengunjungi Wisata Dieng di Jawa Tengah jangan sampai terlewatkan untuk mengujungi Bukit Sikunir di Wonosobo. Salah satu tempat wisata di Wonosobo yang memiliki pemandangan matahari terbit paling ciamik di Jawa Tengah, tak heran jika tempat ini Wisata Negeri Atas Awan di Jawa Tengah.

Ketinggian Bukit Sikunir Dieng Wonosobo hingga 2.300 mdpl. Di Puncak Bukit Sikunir Anda juga dapat merasakan sensasi melihat empat gunung paling terkenal di Jawa Tengah, Merbabu, Sindoro, Merapi, dan juga Sumbing. Alamat Bukit Sikunir berada di kebun & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

3. Candi Arjuna Dieng Banjarnegara

Candi Arjuna Dieng Banjarnegaraq
Candi Arjuna Dieng Banjarnegara / photo by : @novemlawata
Objek Wisata Dieng Dieng ternyata juga memiliki kawasan candi yang sangat luas. Candi Arjuna berdiri diatas luas lahan 1 hektare. Namun tidak hanya Candi Arjuna saja yang ada di kawasan Dieng, ada andi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Namun dari sekian banyak candi yang ada Dataran Tinggi Dieng, Kompleks Candi Arjuna merupakan yang terluas.

Lokasi Candi Arjuna berada di Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456. Untuk dapat memasuki wisatawan akan dikenakan Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng sebesar Rp 10.000/orang.

4. Telaga Warna Dieng Wonosobo

Telaga Warna Dieng Wonosobo
Telaga Warna Dieng Wonosobo / photo by : @mydec98_
Selanjutnya ada Telaga Warna yang berada di alamat Desa Dieng, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 56354. Tempat wisata alam ini merupakan salah satu destinasi andalan yang terletak di Dieng wonosobo, jawa tengah. Asal mula diberi nama Telaga warna karena telaga ini mempunyai warna yang bisa berubah ubah. Telaga ini kadang berwarna hijau, kuning dan pelangi. Untuk Harga Tiket Masuk Telaga Warna Dieng Wonosobo sebesar Rp 15.000 / orang.

5. Curug / Air Terjun Sikarim Dieng Wonosobo

Curug / Air Terjun Sikarim Dieng Wonosobo
Curug / Air Terjun Sikarim Dieng Wonosobo / photo by : @isnansholeh
Air Terjun / Curug Sikarim merupakan salah satu air terjun yang berada di Dataran Tinggi Dieng di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir yang menempati pada ketinggian 1.800 meter di atas permukaan air laut. Air terjun Sikarim berasal dari aliran Telaga Cebong tersebut mengalir menuruni tebing perbukitan setinggi hampir 90 meter dan jatuh ke Sungai Mlandi.

Uniknya air terjun ini akan terlihat langsung dari jalan, hal tersebut yang semakin membuatnya semakin eksotis. Mungkin untuk kedepannya penataan tempat ini perlu di lakukan pemda agar terlihat semakin rapi karena kawasan ini sangat potensial menjadi wisata dunia yang dapat meningkatkan ekonomi masyrakat sekitar. Air Terjun Sikarim berada di alamat Sawah & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354. 

6. Gardu Pandang Tieng Dieng Wonosobo

Gardu Pandang Tieng Dieng Wonosobo
Gardu Pandang Tieng Dieng Wonosobo / photo by : @alvian_octaviano
Objek Wisata Dieng tidak hanya memiliki Telaga Warna dan Curug Sikarim, namun ternyata ada tempat indah lainnya, yaitu Gardu Pandang Tieng. Gardu Pandang Tieng merupakan nama sebuah desa yang ada di Dieng Wonosobo. Lokasi Gardu Pandang Tieng berada di alamat Jl. Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354.

Itulah 6 Objek Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara Terbaru 2020 dengan View Indah. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi yang ingin mencari Destinasi Wisata Dieng di Wonosobo dan Banjarnegara di Jawa Tengah. Thanks you for visiting :)
Previous Post Next Post