Tiket Masuk dan Lokasi Telaga Madirda Karanganyar Terbaru 2021

Tiket Masuk dan Lokasi Telaga Madirda Karanganyar Terbaru 2020
Tiket Masuk dan Lokasi Telaga Madirda Karanganyar Terbaru 2021 - Jawa Tengah merupakan kota yang unik penuh dengan tempat wisata seru. Jawa Tengah paling dikenal dengan wisata alam seperti dikawasan wisata Karanganyar. Banyak pilihan wisata di Karanganyar yang menarik dikunjungi. Selain D'Rojo Valley Coffee & Resto di Karanganyar yang sedang naik daun, Telaga Madirda juga tak kalah menariknya untuk tujuan wisata favorit Karanganyar. Salah satu keunggulan dari wisata alam Karanganyar ini yaitu sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga. Bersantai melepas penat ditemani sejuknya hawa Kota Jawa Tengah akan menjadi kenangan tidak terluapakan.

Telaga Madirda Karanganyar adalah telaga alami yang berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Lokasi Telaga Madirda ini berada  di kawasan lereng Gunung Lawu tentu memiliki hawa dingin dan sejuk segar khas pegunungan. Telaga ini memiliki luas sekitar 1000 m2 dan berada di cekungan datar seluas kira-kira 3000 m2. Banyak hal yang dapat dilakukan bersama orang – orang tercinta di wisata alam Jawa Tengah ini. Berikut informasi lengkap terkait Fasilitas, Tiket Masuk, dan Lokasi Telaga Madirda di Karanganyar.

Sejarah Asal - usul Telaga Madirda Karanganyar

Sejarah Asal Usul Telaga Madirda Karanganyar
Sejarah Asal Usul Telaga Madirda Karanganyar
Dibalik keindahan yang dimilikinya, Telaga Madirda ternyata juga memiliki sejarah yang cukup melegenda hingga sekarang. Pada zaman dahulu ada sepasang suami istri yang beranama Dewi Indradi dan Resi Gutama. Kedua pasangan tersebut sudah memiliki tiga anak, Anjani, Subali dan Sugriwa. Konon Dewi Indradi memiliki sebuah mustika yaitu Cupu Manik Astagina yang memiliki kesaktian untuk dapat melihat tempat-tempat di dunia tanpa harus mendatanginya. 

Kemudian Mustika itu akhirnya diwariskan kepada sang anak perempuan yang bernama Anjani. Disamping itu, dua saudara Anjani iri. Lalu sang ayah Resi Gutama membuang mustika tersebut demi menghindari perselisihan anaknya. Ketika mustika tersebut dilempar, Cupu Manik Astagina tiba-tiba berubah menjadi sebuah telaga dengan air jernih yang kemudian dikenal sebagai Telaga Madirda. Uniknya, sumber mata air di Telaga Madirda tidak pernah kering ataupun berlebih. Bahkan warga sekitar juga mempercayai bahwa lahirnya Hanoman ada di telaga ini.

Pesona Keindahan Telaga Madirda Karanganyar

Pesona Keindahan Telaga Madirda Karanganyar
Pesona Keindahan Telaga Madirda Karanganyar
Disamping mitos yang cukup melegenda, Wisata Telaga Madirda memiliki keindahan yang mempesona. Keindahan di Telaga Madirda menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan. Wisata di Karanganyar ini adalah sebuah telaga alami yang berada di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Tidak banyak keindahan telaga yang bisa dilihat, wisatawan akan disuguhi pemandangan alam sekitar danau yaitu berupa pepohonan hijau yang menambah keasrian di Telaga Madirda. 

Ditambah keberadaannya yang terletak di kaki Gunung Lawu tentunya menyuguhkan hawa yang sejuk, udara pegunungan yang segar. Terlebihnya air di Telaga Madirda yang jernih berpadu menjadi suasana yang menenangkan tentu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Wisatawan yang berkunjung di Telaga Madirda Jawa Tengah benar – benar akan merasakan suasana damai, ramah, asri dan akan sangat membantu meredamkan suasana gundah. Berbagai fasilitas yang cukup memadai akan selalu dikembangkan demi kebutauhan wisatawan.

Dengan air Telaga Madirda Ngargoyoso yang sangat jernih sampai-sampai Anda bisa melihat dasaran air. Uniknya lagi akan tampak ikan-ikan hias hingga biota laut di sekeliling danau Madirda. Airnya disana cukup dingin khas pegunungan dan juga memang bersumber dari mata air Gunung Lawu. Selain itu wisatawan juga akan dimanjakan berbagai aktivitas yang seru. Salah satunya berenang untuk mencoba menikmati seberapa dinginnya air telaga. Bagi Anda yang ingin berenang harus tetap berhati hati, karena Anda tidak tahu pasti berapa kedalaman telaga.

Aktivitas Seru di Telaga Madirda Karanganyar

Di Wisata Karanganyar ini Anda akan menemukan beragam aktivitas yang menarik. Berikut aktivitas yang dapat dinikmati wisatawan :

1. Bersantai Menikmati Keindahan Telaga Madirda

Bersantai Menikmati Keindahan Telaga Madirda
Bersantai Menikmati Keindahan Telaga Madirda
Aktivitas yang biasa dilakukan banyak wisatawan ialah menghabiskan waktu untuk bersantai menikmati keindahan di Telaga Madirda Kabupaten Karanganyar. Bersantai di lahan rerumputan di sisi danau Madirda tentunya akan mendapatkan pengalaman yang berkesan. Selain itu wisatawan juga dapat menikmatinya di Gazebo yang tersebar di sekitar danau.

Jangan khawatir bagi Anda yang tidak membawa bekal. Disekitaran lokasi wisata ada banyak warung dan kios makanana. Warung tersebut menyediakan menu mulai dari makanan berat hingga cemilan dan minuman.

2. Camping di Telaga Madirda Karanganyar

Camping di Telaga Madirda Karanganyar
Camping di Telaga Madirda Karanganyar
Camping di Tepian Telaga Madirda merupakan aktivitas sekaligus daya tarik utama di lokasi wisata ini. Bagi Anda para pecinta alam, tempat ini akan sangat rekomended dan seolah olah Anda akan menyatu dengan alam. Saat malam hari telah tiba, nyalakan api unggun untuk menghangatkan badan dan memasak. Namun perlu diingatkan jika melakukan kemah, perhatikan pembuangan sampah-sampahnya. Anda perlu menyediakan tempat khusus seperti plastik untuk menampung sampah. 

3. Menikmati Wahana Permainan Seru di Telaga Madirda

Menikmati Wahana Permainan Seru di Telaga Madirda
Menikmati Wahana Permainan Seru di Telaga Madirda
Selain berkemah, Telaga Madirda juga menyediakan wahana permainan yang asyik untuk dicoba. Disana wisatawan dapat mencoba wahana Perahu Dayung, Berkeliling dengan Perahu Bebek, Panahan, Memancing dan masih banyak lagi lainnya. Dijamin jika Anda memilih liburan di Telaga Madirda di Karanganyar akan terpenuhi kebutuhannya.

4. Terapi Ikan di Telaga Madirda

Terapi Ikan di Telaga Madirda
Terapi Ikan di Telaga Madirda
Seperti yang dikatakan diawal, jernihnya air di telaga madirda tentu wisatawan akan disuguhkan keindahan ikan ikan hias. Ikan ikan tersebut bisa Anda jadikan terapi seperti menjeburkan kaki Anda ke danau dan akan digigit gigit oleh ikan. Selain itu Anda juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto selfe dengan bacground ikan yang indah.

Itulah beragam kegiatan di Telaga Madirda yang dapat Anda nikmati. Selain itu wisatwaan juga akan dimanjakan fasilitas yang cukup lengkap dengan Harga Tiket Masuk Telaga Madirda yang murah, terjangkau bagi semua kalangan.

Fasilitas Telaga Madirda Ngargoyoso Karanganyar

Telaga Madirda Tawangmangu sebagai objek wisata andalan Karanganyar, pengelola wisata ini pun melakukan berbagai inovasi untuk memberi pelayanan terbaik bagi wisatawan. Misalnya dengan membangun beragam fasilitas penunjang. Berikut fasilitas di telaga madirda yang dapat wisatawan nikmati :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Outbound
  • Spot Foto
  • Warung Makan
  • dan lainnya
Dengan menikmati itu semua, tentu wisatawan harus membayar tiket masuk yang berlaku.

Tiket Masuk Telaga Madirda Karanganyar Terbary 2021

Bagi wisatawan yang akan mengunjungi Telaga Madirda ini alangkah baiknya jika mengatahui HTM Telaga Madirda yang berlaku. Untuk itu Wisatainfo menyedikan informasi tersebut di daftar HTM Telaga Madirda berikut ini :
  • HTM : - / Gratis
  • Tarif Parkir : Rp2.000 – Rp5.000
Namun harga tiket masuk tersebut belum diketahui secara pasti. 

Lokasi Telaga Madirda Karanganyar

Alamat Telaga Mardirda berada di Area Sawah, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah 57793. Untuk Akses menuju Telaga Madirda memang cukup sulit. Oleh karena itu, disarankan Anda untuk menggunakan kendaraan pribadi saja, seperti sepeda motor atau mobil dan dalam keadaan prima. 

Rute Menuju Telaga Madirda Kabupaten Karanganyar

Telaga Madirda memang paling dekat jika dari arah kota Solo. Jika Anda dari Kota Solo, pertama arahkan kendaraan anda menuju arah Kabupaten Karanganyar dengan jarak tempuh 30 kilometer. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Candi Sukuh lalu Anda akan bertemu medan perjalanan berupa tanjakan dan turunan sempit serta berkelok-kelok. Kami sarankan untuk bertanya ke warga setempat untuk keberadaan Telaga Madirda tersebut.

Jika sudah menemukan gapura loket masuk berupa jalan setapak tentu sudah dekat dengan lokasi wisata. Patokan lainnya bisa dari Air Terjun Jumog yang lokasinya tidak begitu jauh, yaitu berjarak kurang lebih 3 kilometer saja. 

Jam Buka Telaga Madirda Jawa Tengah

Mengenai Jam Buka Telaga Madirda dibuka mulai pukul 06.00 hingga 17.30 WIB pada setiap harinya. Untuk yang ingin bercamping, Telaga Madirda akan dibuka selama 24 Jam.

Galeri Foto Telaga Madirda Karanganyar

Telaga Madirda Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
Telaga Madirda Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah
Tiket Masuk Telaga Madirda
Tiket Masuk Telaga Madirda
Lokasi Telaga Madirda
Lokasi Telaga Madirda
Camping di Telaga Madirda
Camping di Telaga Madirda
Foto by :
@pesonaberjo
@ayodolan
@indrha_bi
@wonderfulsoloraya
@ibhamm_
@tentangkaranganyar
@zaqyiqbl_
@danarsibolang

Demikian informasi mengenai Tiket Masuk dan Lokasi Telaga Madirda di Karanganyar Jawa Tengah. Semoga bermanfaat dan dapat Anda jadikan referensi sebelum mengunjungi tempat wisata di Karanganyar ini. Jangan lupa terus kunjungi Wisatainfo.com blog tempat wisata terbaru di Indonesia. Terima Kasih telah berkunjung.

Previous Post Next Post