Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru

Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru
Lokasi Sumber Maron Malang dan Tiket Masuk Terbaru - Malang kini menjadi salah satu kota jujugkan para wisatawan untuk tempat liburan, terutama oleh masyarakat kota-kota besar yang ingin mencari kesegaran di tengah kepadatan ibu kota. Malang tidak hanya menawarkan tempat wisata buatannya saja seperti Jatim Park dan lainnya, namun malang juga memiliki tempat wisata alam yang patut dikunjungi. Salah satunya ialah Sumber Maron Malang, tempat wisata air yang membuat siapa saja merasakan sensasi berbeda.

Wisata Sumber Maron Malang merupakan salah satu tempat wisata berupa pemandian dengan kesegaran sumber mata air alami. Sebelum menjadi obyek wisata, sumber air ini digunakan masyarakat sekitar untuk budidaya kangkung. Selain itu dulunya hanya untuk area beristirahat selepas kegiatan bertani. Namun dilihat dari potensi yang ada akhirnya sumber mata air menjadi kawasan wisata yang cukup populer di Malang Jawa Timur.

Mitos dan Asal Usul Wisata Sumber Maron

Sebelum populernya pesona Sumber Maron, tentu dulunya memiliki cerita mitos yang melegenda. Konon pada jaman dahulu ada seorang puteri yang bertapa disekitaran sungai ini untuk mencapai kesempurnaan hidup. Ditengah pertapanya seorang putri tersebut berhasil mengalahkan hawa nafsu dari diri sendiri. Hawa nafsu yang merupakan godaan akan kecantikan dan jatuh cinta.

Nafsu yang berhasil dikalahkan tersebut kemudian diwujudkan menjadi patrem. Patrem kecil tersebut kemudian ditanam dibawah pohon beringin pemandian Sumber Maron Malang. Dari sinilah asal usul dari penanaman patren tersebut, hingga saat ini banyak orang yang mencoba untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut. Konon dari penanaman patren itu berakibat fatal, di masa dahulu Sumber Maron sering menjadi tempat yang salah yaitu untuk pesugihan.

Jejak Mitos atau Mistis Sumber Maron masih terasa sampai saat ini. Di sumber maron ini sering muncul beberapa kejadian aneh. Salah satunya ialah munculnya sosok setan, hantu, dan segala jenisnya atau makluk halus. Terbukti dari beberapa wisatawan yang mengambil foto dan tidak sengaja tertangkap dihasil foto mereka. Namun Mitos-mitos tersebut kini telah hilang semenjak Sumber Maron menjadi tempat wisata populer di Malang.

Sementara mengenai asal usul dari penamaan Sumber Maron. Untuk nama sumber ini diambil dari mata air, dan untuk nama maron sendiri ada banyak versi yang menyebutkannya. Menurut masyarakat setempat Maron sendiri adalah alat untuk memasak nasi. Ada yang mengatakan juga Sumber Maron ini disebabkan adanya maron yang dahulu dibuang di daerah ini. Ada lagi bentuk dari sumber mata air ini memiliki bentuk seperti maron hingga diberi nama Sumber Maron.

Pesona Keindahan Wisata Sumber Maron Malang

Obyek Wisata Sumber Maron Kabupaten Malang merupakan tempat yang cocok untuk tempat refresing bersantai bersama keluarga. Di Lokasi Sumber Maron ini wisatawan baik anak – anak hingga dewasa akan menemukan pengalaman yang berbeda. Kawasan wisata ini memiliki perpaduan antara hamparan sawah yang hijau, sungai jernih, kolam sumber air alami, hingga air terjun yang tidak telalu tinggi. Hal yang paling menarik di Sumber Maron ini adalah sungai beriak yang bisa digunakan untuk river tubbing. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan para wisatawan, berikut kegiatan yang menyenangkan di Sumber Maron Kabupaten Malang :

1. River Tubing Sumber Maron Malang

Wisata Sumber Maron akan mengajak para pengunjung melewati sungai dengan meluncur bebas mengikuti arus sungai. Selain menguji adrenalin, wisata tubing di Malang ini juga sangat menyegarkan badan sekaligus memanjakan mata. Wisatawan akan menelusuri lintasan river tubing yang memiliki panjang sekitar 500 meter. Disana tersedia fasilitas berupa ban karet ukuran besar. Ban tersebut dijamin aman karena diikat, lalu pengunjung tinggal berbaring.

2. Berenang Sumber Maron Malang

Sesuai dengan nama wisatanya, sumber mata air tentu tidak terlepas dari yang namanya berenang. Banyak wisatawan yang datang di obyek wisata alam malang ini hanya untuk bermain air maupun berenang disini terdapat spot yang sangat luas. Kolam di Sumber Maron malang ini memiliki kedalaman air maksimal bisa mencapai 2 meter.

3. Menikmati Spot Snorkeling Sumber Maron Malang

Selain River Tubing, Sumber Maron di Malang ini juga sangat cocok untuk mencoba spot snorkeling. Dispot ini wisatawan akan diajak untuk menikmati menyelam didalam kolam air alami. Bahkan wisatawan dapat sekaligus mengabadikan momen dengan berswafoto didalam air.

4. Terapi Ikan Sumber Maron

Di sumber maron malang juga tersedia spot terapi ikan. Di spot ini wisatawan akan langsung mencelupkan kedua kakinya, yang memiliki efek untuk menyembuhkan kondisi tubuh yang pegal-pegal serta mencegah berbagai penyakit.

5. Mencoba Flying Fox di Sumber Maron

Di spot ini nantinya wisatawan akan diajak meluncur menikmati sensasi terbang diantara sawah dan mendarat mulus di sungai-sungai kecil.

6. Mendapatkan Wisata Edukasi dan Teknologi di Sumber Maron Malang

Selain menjadi obyek wisata populer di Malang, Sumber Maron juga sebagai alat pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH). Pembangunan PLTMH di Sumber Maron ini dimulai sejak tahun 2005, dan sampi sekarang sering dijadikan tempat kunjungan bagi para mahasiswa.

Fasilitas Sumber Maron Malang

Layaknya wisata populer di Malang, Sumber Maron selalu memperhatikan fasilitas demi kenyamanan para wisatawan. Apa saja Fasilitas di Sumber Maron yang dapat digunakan wisatawan :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Kamar Ganti
  • Mushola
  • Gazebo
  • dan lainnya
Selain itu, Sumber Maron juga tersedia Warung Makan yang menyediakan berbagai hidangan khas malang, seperti soto, bakso, dan lainnya. Untuk menikmati itu semua, tentu wisatawan harus membayar Harga Tiket Masuk Sumber Maron yang berlaku. 

Tiket Masuk Sumber Maron Malang Terbaru 

Wisatawan tidak perlu menghawatirkan biaya untuk berpetualang di Wisata Sumber Maron Malang ini. Berikut daftar HTM Sumber Maron Malang Terbaru sebagai berikut ini :
  • HTM Sumber Maron : Rp 5.000 / orang
  • Tarif Parkir : Rp 2.000 (motor), Rp 5.000 (mobil), Rp 7.000 (bus)
  • Sewa Ban : Rp 3.000 (ban dalam kecil), Rp (ban dalam sedang)
  • Sewa River Tubing : Rp 10.000
  • Terapi Ikan : Rp 15.000
  • Sewa Flying Fox : Rp 10.000
Tiket Sumber Maron tersebut masih tergolong murah bila dibandingkan dengan pengalaman yang didapat. Tiket tersebut sewaktu waktu dapat berubah sesuai kebijakan pengelola wisata.

Lokasi Sumber Maron Malang

Alamat Sumber Maron Malang ini terletak di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. 

Rute Menuju Sumber Maron Malang

Sementara untuk Rute menuju Sumber Maron bila anda menggunakan kendaraan pribadi bisa arahkan kendaraan anda menuju Daerah Kepanjen. Dari Kepanjen ikut jalan tersebut kemudian menuju ke arah arah stadion Kanjuruhan Malang. Untuk menuju lokasi berjarak3 km dari stadion. Setelah melalui stadion tersebut akan tiba di daerah Gondang Legi atau Masjid Jami’ Darussalam kemudian masuk ke desa Karangsuko Gondanglegi. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan adanya tulisan Taman Wisata Maro Berbasiskan Edukasi.

Jam Buka Sumber Maron Malang

Untuk Jam Buka / Jam Operasional Sumber Maron mulai pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB pada setiap harinya.

Gambar Sumber Maron Malang Terbaru

Sumber Maron Malang
Sumber Maron Malang

Wisata Sumber Maron Malang
Wisata Sumber Maron Malang

Tiket Masuk Sumber Maron Malang
Tiket Masuk Sumber Maron Malang

Lokasi Sumber Maron Malang
Lokasi Sumber Maron Malang

River Tubing di Kabupaten Malang
River Tubing di Kabupaten Malang
Demikian informasi mengenai Lokasi Sumber Maron malang dan Tiket Masuk Terbaru. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan patokan sebelum mengunjungi obyek wisata ini. Jangan lupa untuk terus kunjungi Wisatainfo.com untuk memperoleh informasi mengenai tempat wisata di Indonesia lainnya.
Previous Post Next Post