Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi

Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Tiket Masuk dan Lokasi
Informasi Terlengkap Mengenai Tiket Masuk, Jam Buka, Lokasi dan Gambar Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan - Berlibur ditempat tempat yang nyaman merupakan cara terbaik untuk mengembalikan energi setelah penat dirumah saja karena wabah Corona-19. Kali ini Wisatainfo akan merekomendasikan tempat wisata yang cocok untuk menenangkan pikiran. Yaitu didaerah Pasuruan, saat berkunjung ke kabupaten Pasuruan, Jawa Timur kalian wajib mampir ke salah satu tempat wisata alam yang indah dan memanjakan yaitu Air Terjun Putuk Truno Prigen.

Sebagai tempat wisata andalan di Pasuruan, air terjun putuk truno memiliki suasana yang begitu menyegarkan. Keindahan alamnya begitu indah, akses yang mudah serta Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno yang murah menjadi alasan untuk mengunjungi tempat wisata ini. Bahkan keberadaannya yang terletak di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno tentunya memberikan suasana sejuk nan asri dilokasi ini.

Obyek Wisata Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno merupakan salah satu obyek wisata yang berada di daerah Prigen Pasuruan Jawa Timur. Wisata Air Terjun Putuk Truno memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan, air terjun ini memilik ketinggian mencapai sekitar 45 meter. Sumber air ini berasal dari Gunung Arjuno – Welirang. Dengan aliran air yang cukup deras tentu menambah keindahan panorama air terjun putuk truno ini.

Keindahan Air Terjun Putuk Truno Prigen sudah sangat populer, khususnya dikalangan pecinta fotografi. Memiliki tinggi sekitar 45 meter dengan debit air yang merata dan cukup deras menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Asrinya air terjun di Pasuruan ini juga sangat dijaga. Hal ini dibuktikan dengan berbagai tumbuhan subur yang ada di sekitar tempat wisata ini. Aliran sungai di Air terjun Putuk Truno ini pun sangat bersih dan jernih yang tentunya akan menambah rasa sejuk dan damai saat mengunjungi air terjun indah di Pasuruan ini.

Wsiatawan tidak perlu bersusah payah untuk menikmati keindahan Air Terjun Putuk Truno ini. Walau berada agak jauh dari kota Pasuruan namun memiliki jalan yang bagus dan mudah untuk di lalui. Selama jalan dari pintu gerbang menuju lokasi wisata Air Terjun Putuk Truno ini, pengunjung tidak memerlukan energi ekstra semacam trekking berpuluh-puluh menit atau ketahanan fisik untuk melalui jalur ekstrem.

Mitos Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Disamping keindahannya yang memanjakan, keberadaan Air Terjun Putuk Trune tak lepas dari mitos yang melegenda hingga sampai sekarang. Dulunya ada pasangan yang berendam di bawah air terjun ini dipercaya akan menjalani jalinan cinta yang abadi. Asal mula dari penamaan Putuk Truno adalah tempat bersatunya cinta antara Joko Taruno. Seorang pangeran dari kerajaan Majapahit, dan Putri Sri Gading Lestari, putri penguasa Madura.

Seorang selir dari Raja Hayam Wuruk memiliki anak bernama Joko Taruno, yang merupakan Pangeran dari Majapahit. Alkisah kemudian saling mencintai dengan seorang putri bernama Putri Sri Gading Lestari. Namun seorang ayah sang putri, Raja Arya Wiraraja, tidak menyetujui hubungan antara Putri Gading Lestari dan Joko Taruno itu. Konon sang Putri dibuang untuk bertapa di Coban Baung, sebuah air terjun di Purwodadi.

Kemudian sang pangeran Joko Taruno pun bertapa di Putuk Truno, dengan tujuan mendapatkan kekuatan untuk membebaskan dan kembali bersama sang putri. Dengan kegigihannya sang pangeran Joko Taruno berhasil bertemu kembali dengan kekasihnya dan membawanya ke Putuk Truno. Cerita yang melegenda inilah yang memunculkan mitos bahwa Air Terjun Putuk Truno dapat mengokohkan cinta pasangan sejoli.

Fasilitas Air Terjun Putuk Truno Prigen

Sesuai yang disebut diawal, Air Terjun Putuk Truno sangat populer, khususnya dikalangan pecinta fotografi. Banyak wisatawan yang datang hanya ingin mengabadikan momen dengan berfoto selfie. Berfoto selfie dengan latar belakang Air Terjun Putuk Truno dijamin akan mendapatkan hasil foto yang keren. Di depat air terjun persis terdapat sebuah gardu pandang atau anjungan yang biasa digunakan wisatawan selfie. 

Layaknya tempat wisata populer di Pasuruan, fasilitas Air Terjun Putuk Truno tentu sangat diperhatikan oleh pihak pengelola untuk kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut antara lain :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola 
  • Saung
  • Spot Foto
  • Warung makan
  • dan lainnya
Untuk menikmati keindahan serta fasilitas yang tersedia, wisatawan tentu akan dibebani Harga Tiket Air Terjun Putuk Truno yang berlaku. 

Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan

Wisatawan yang akan berkunjung ke Air Terjun Putuk Truno Pasuruan tidak ada salahnya untuk mengetahui informasi tiket masuk disana. HTM Air Terjun Putuk Truno yaitu : 
  • HTM orang dewasa : Rp 10.000
  • HTM anak anak : Gratis
  • Tarif Parkir : Rp 2.000 - Rp 5.000
Harga tiket tersebut tentunya masih sangat terjangkau, apabila dibandingkan dengan pengalaman yang diperoleh. 

Lokasi Air Terjun Putuk Truno 

Untuk Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada di alamat Jl. Putuk Truno, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157. Untuk akses Air Terjun Putuk Truno cukup mudah untuk dijangkau, karena pengunjung dapat menuju lokasi dengan berbagai kendaraan yang ingin digunakan untuk sampai ke air terjun yang satu ini. Bahkan jalannya juga sudah dalam keadaan yang baik.

Rute Menuju Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Untuk rutenya sendiri bisa ditempuh dari Pusat Kota Pasuran. Pertama arahkan kendaraan anda menuju Kecamatan Prigen, tepatnya menuju Polsek Prigen. Jika kalian telah sampai ke polsek prigen, lanjutkan perlanan menuju jalur kiri yang akan akan membuat tidak terlalu jauh dari lokasi wisata tersebut. Kemudian pengunjung dapat mengikuti jalan tersebut hingga sekitar 200 meter, maka akan sampai ke lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan.

Jam Buka Air Terjun Putuk Truno 

Wisata Air Terjun Putuk Truno ini dibuka mulai jam 07.00 hingga ditutup pada jam 16.00 WIB.

Gambar Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Jawa Timur
Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan Jawa Timur
Mitos Air Terjun Putuk Truno
Mitos Air Terjun Putuk Truno
Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno
Harga Tiket Masuk Air Terjun Putuk Truno
Lokasi Air Terjun Putuk Truno
Lokasi Air Terjun Putuk Truno
Itulah informasi mengenai Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan, semoga bermanfaat. Jangan lupa terus kunjungi wisatainfo.com untuk memperoleh informasi mengenai Tempat wisata di Indonesia. Terima Kasih.
Previous Post Next Post