Harga Tiket Masuk Wisata Candi Borobudur Magelang Tahun ini

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Borobudur - Siapa tak kenal Candi Borobudur? salah satu destinasi wisata super prioritas dan primadonanya tempat wisata di Magelang, Jawa Tengah. Salah satu destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Kemegahan bangunan berpadu dengan detail arsitektur unik serta meninggalkan beragam momen indah tentang proses berdirinya Candi Borobudur sebagai warisan budaya Indonesia hingga juga diakui oleh UNESCO. Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga merencanakan Candi Borobudur masuk kedalam program Percepatan Pembangunan Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan candi peninggalan Dinasti Sailendra dari kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 Kurun waktu ini sekitar 760 dan 830 M, masa puncak kejayaan wangsa Syailendra di Jawa Tengah, yang saat itu dipengaruhi Kemaharajaan Sriwijaya. Pembangunan Candi Borobudur diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 75 – 100 tahun dan diselesaikan pada masa pemerintahan raja Samaratungga pada tahun 825. Candi Borobudur memuat 2672 panel relief yang jika disusun berjajar dengan panjangnya mencapai 6 km.

Relief Candi Borobudur terbagi menjadi 4 kisah utama, yaitu: Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana, serta Gandawyuha. Selain mengisahkan tentang perjalanan hidup Sang Buddha dan ajarannya, relief Candi Borobudur juga merekam kemajuan masyarakat Jawa pada masa itu.

Nah, jika ingin tahu banyak lagi tentang Candi Borobudur, sempatkan juga untuk mengunjungi Museum Karmawibhangga atau Musem Borobudur, disana wisatawan bisa melihat berbagai kenangan tentang Candi Borobudur atau menyusuri lembaran-lembaran buku yang mengungkap misteri candi.

Fasilitas Candi Borobudur

Sebagai salah satu monumen Buddha terbesar didunia, Candi Borobudur akan selalu menjadi perhatian para pengelola wisata. Salah satunya tersedianya fasilitas umum yang siap menyambut halus para wisatawan. fasilitas seperti area parkir, toilet, mushola, taman bermain, spot selfie, tempat kuliner, dll. Bagi wisatawan yang ingin bermalaman disekitar lokasi wisata Candi Borobudur bisa menyewa penginapan yang tersedia disekitar tempat wisata. 

Kegiatan yang dapat dilakukan para pengunjung di kawasan Candi Borobudur ini. Seperti contohnya mengelilingi candi dengan menyewa sepeda yang disediakan pengelola, menaiki gajah atau kereta kelinci, menikmati berbagai menu kuliner khas Jawa Tengah. Uniknya Candi Borobudur juga salah satu tempat untuk menikmati momen indah di pagi hari yaitu dengan melihat pemandangan sang fajar terbit yang sangat menakjubkan, seolah menyambut semangat baru setiap harinya.

Lokasi Borobudur Temple Magelang

Tempat wisata kelas dunia Candi Borobudur ini terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah ( Google Maps ). Berlokasi 100km dibarat daya Kota Semarang dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sekitar 86 kilometer disebelah barat Surakarta dengan memakan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Kurang lebih 40 kilometer disebelah barat laut Jogja dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Mengenai Jam Buka Candi Borobudur dibuka mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Wisata Candi Borobudur Magelang 2019

Untuk harga tiket masuk Candi Borobudur bagi wisatawan domestik sebesar Rp 40.000 / orang untuk dewaasa, dan untuk anak-anak sebesar Rp 20.000. Sementara untuk wisatawan mancanegara bagi Borobudur Entrance for Adult sekitar Rp 337.500, dan untuk Borobudur Entrance for Children sekitar Rp 202.500. Jika mengunjunginya dengan berombongan akan mendapatkan potongan harga tiket masuk.

Gambar Candi Borobudur Magelang

Pemandangan Candi Borobudur
Pemandangan Candi Borobudur
Sunrise Di Candi Borobudur
Sunrise Di Candi Borobudur
Jam Buka Candi Borobudur
Jam Buka Candi Borobudur
Panorama Candi Borobudur
Panorama Candi Borobudur
Demikian informasi sejarah Candi Borobudur, semoga bermanfaat. Terus kunjungi wisatainfo untuk terus mendapatkan informasi wisata terbaru di Indonesia. 
Previous Post Next Post