Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Jenon Malang

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Jenon Malang
Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Jenon Malang - Menikmati pesona alam di Kota Malang Jawa Timur ini memang sangat mengesankan. Letak geografinya yang berada di dataran tinggi tentunya memberikan suasana sejuk nan asri. Ditambah Kota Batu sangat lengkap akan tempat wisatanya juga menjadi alasan utama kota ini selalu ramai. Mulai dari Wisata Jatim Park hingga wisata kecil yang berpotensi menjadi wisata hits Malang. Salah satunya ialah Wisata Alam Sumber Jenon, tempatnya yang masih asri tentu tempat ini patut untuk dikunjungi.

Objek Wisata Alam Sumber Jenon Malang Jawa Timur

Sumber Jenon merupakan salah satu objek wisata alam yang berada di Malang yang cukup populer dikalangan para traveler. Sebuah wisata sumber air alami berbentuk kolam yang memiliki warna air yang biru kehijau-hijauan. Kedalaman Sumber Jenon mencapai 5 meter, dengan panjang sekitar 50 meter dan juga lebar mencapai sekitar 30 meter. Suasana yang asri itulah yang akan memberikan para wisatawan merasakan relaksasi setelah melakukan segala aktivitas. Berikut dibawah ini Review Sumber Jenon Malang.

Asal-usul Sejarah Wisata Alam Sumber Jenon

Dibalik sebuah tempat wisata indah tentunya memiliki Asal-usul, mitos, misteri dan sejarah yang tersimpan. Nah wisata alam Sumber Jenon Malang ini juga memiliki asal usul dan misteri yang masih melekat.

Asal mula diberi nama Jenon konon ada sebuah kisah pasangan suami istri Rantung Grati dan Irogat yang berasal dari Mataram dan mengungsi ke daerah yang sekarang menjadi tempat sumber mata air karena perang. Kemudian Rantung Grati dan Irogat hidup dengan bercocok tanam, hingga suatu saat kemarau melanda dan mereka kekurangan air untuk bercocok tanam sehingga tanaman mereka menjadi mati semua.

Kemudian mereka memutuskan untuk mencari pengairan bagi tanamannya dengan bertapa di Gunung Harimau tepatnya di bawah pohon Jenu. Lalu pada saat pertapaan muncul angin kencang yang menyebabkan pohon Jenu tumbang dan memunculkan sumber air yang mengalir deras, maka mata air tersebut membentuk genangan air besar yang kini dikenal dengan nama Jenon. 

Pesona Keindahan Wisata Sumber Jenon Malang

Dibalik misteri yang cukup melegenda, Sumber Jenon Malang Jawa Timur juga menyimpan keindahan yang menawan. Disana Anda akan dimanjakan sebuah kolam yang airnya jernih dengan nuansa kebiruan. Ditambah rimbunnya pohon menjari Sumber Jenon nan tinggi yang mengelilingi kolam tentu akan menambah suasana damai dan menenangkan.

Menikmati Berenang di Sumber Jenon Malang  

Kejernihan air di Wisata Sumber Jenon akan menggugah pengunjung untuk menceburkan diri. Disana banyak wisatawan yang berenang dengan senang ria. Selain itu wisatawan juga berharap dari khasiatnya, pada hari tertentu juga akan muncul tiga macam jenis air. Yang pertama adalah hitam, diyakini adalah racun atau membawa petaka, putih seperti susu yang membawa banyak khasiat, dan air tawar yang kini keluar memenuhi kolam. Selain itu anda juga akan ditemani ikan sengkaring / ikan dewa sumber jenon dengan postur hitam polos dan merah.

Menikmati Kuliner di Wisata Sumber Jenon

Menariknya lagi dari Wisata Sumber Jenon Malang ialah disana juga tersedia cafe. Selain lokasinya yang masih sangat alami, tersedianya cafe yang menghadap ke kolam tentu akan menjadi daya tarik tersediri bagi wisatawan. Disana tersedia berbagai menu kuliner khas malang dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan.

Fasilitas Wisata Alam Sumber Jenon Malang

Disamping keindahan yang menakjubkan, sumber jenon juga telah memiliki fasilitas yang cukup bagi wisatawan. Berikut fasilitas yang dapat Anda nikmati :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Kantin
  • Spot Foto
  • Alat Pelampung Ban
  • dan lainnya
Untuk menikmati fasilitas dan keindahan di Sumber Jenon Tajinan Malang tentunya harus membayar Tiket Masuk Sumber Jenon yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Sumber Jenon Malang

Bagi Anda yang tertarik dan ingin mengunjungi tempat wisata ini, tak ada salahnya jika mengetahui informasi HTMnya terlebih dahulu. Untuk dapat memasuki lokasi, wisatawan akan dikenakan HTM Sumber Jenon Malang sebesar Rp 2.000. Untuk tarif parkirnya sebesar Rp 5.000 dan ditambah jika menyewa ban pelampung akan membayar Rp 5.000.

Lokasi Wisata Alam Sumber Jenon

Alamat Sumber Jenon Malang berada di Gunungronggo, Kec. Tajinan, Malang, Jawa Timur 65172. Untuk akses menuju Sumber Jenon cukup mudah untuk dijangkau, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi akan menempuh jarak sekitar 19 km dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 37 menit saja.

Jam Buka Sumber Jenon Malang Jawa Timur

Mengenai Jam Buka/Jam Operasional Sumber Jenon dibuka mulai pukul 08.00 - 18.00 WIB pada setiap harinya.

Galeri Foto Wisata Sumber Jenon Malang

Sumber Jenon Malang Jawa Timur
Sumber Jenon Malang Jawa Timur
Wisata Alam Sumber Jenon Malang
Wisata Alam Sumber Jenon Malang
Tiket Masuk Sumber Jenon Malang
Tiket Masuk Sumber Jenon Malang
Lokasi Sumber Jenon Malang
Lokasi Sumber Jenon Malang
Kedalaman Sumber Jenon Malang
Kedalaman Sumber Jenon Malang
Foto by :
@ian.mafiah_
@khakim_sr
@tommyandipadang
@ahmad_anjarwicaksono
@alibazh_
@rerefirmansyah

Demikian informasi mengenai Wisata Alam Sumber Jenon di Malang Jawa Timur. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus mampir di Wisatainfo.
Previous Post Next Post