Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Lokasi Curug Citambur Jawa Barat Dan Harga Tiket Masuk Terbaru - Propinsi Jawa Barat memang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang begitu memukau. Kepopuleran tempat wisata alam di Jawa Barat kususnya Cianjur memang tak tertandingi dengain lainnya. Memiliki hawa sejuk dan kontur alam yang indah akan sangat memanjakan wisatawan. Ditambah lokasi wisata yang dekat dengan Jakarta membuat Cianjur semakin populer sebagai tempat melepaskan beban pikiran. Sangat banyak destinasi wisata di Kota Cianjur ini. Dari wisata rekreasi keluarga, wisata kuliner, dan wisata alam. Dibalik ramainya tempat wisata di Cianjur masih ada lokasi yang masih sangat asri dan wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata alam tersebut adalah Curug Citambur.

Di Wisata Alam Curug Citambur wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan dengan suasana berpetualangan di alam bebas. Disana wisawatan akan merasa suasana yang berbeda karena alamnya selalu diselimuti gumpalan kabut tipis, ditambah udaranya sangat dingin menjadi bius wisatawan untuk selalu kembali berkunjung ke Cianjur. Curug Citambur terletak di bagian selatan, yang memiliki ketinggian air terjun mencapai 130 meter dan terdapat kolam di bawahnya. 

Keunikan dari Curug Citambur ini adalah adanya debit air yang cukup deras, sehingga menimbulkan air yang menguap yang tampak seperti gumbalan kabut. Ditambah yakni air yang jatuh berasal dari atas bukit bersuara seperti tambur. Dari sinilah bisa diberi nama Curug Citambur, dalam bahasa sunda 'ci' artinya air, sedangkan tambur merupakan sebutan alat musik drum. Dapat dikatakan air terjun ini surga tersembunyi di Cianjur. Memang air terjun ini tidak setinggi Curug Ngebul, namun panorama alamnya tak kalah indah, bahkan lebih hijau nan asri. Kami sarankan jika berkunjung di Curug Citambur baiknya di pagi hari supaya dapat menyaksikan keeksotisan yang sangat menawan.

Mitos Curug Citambur

Curug Citambur memiliki mitos yang terbagi menjadi 2 versi. Versi pertama, dinamakan Citambur karena air yang jatuh dari atas tebing berbunyi “bergedebum” suara itu mirip yang dikeluarkan oleh alat musik drum seperti tambur yang dipukul. Maka, dari suara air yang jatuh air tersebut, warga setempat memberikan nama Curug Citambur.

Versi yang kedua menyebutkan bahwa kawasan wisata ini berkaitan dengan suatu kerajaan yang dulu pernah berdiri di sekitar sana. Dikisahkan dulu di sekitar kawasan air terjun, ada kerajaan yang bernama Tangjung Anginan.

Kerajaan tersebut terletak di Pasir kuda, sekarang termasuk wilayah Desa Simpang dan Karangjaya Kecamatan Pagelaran tak jauh dari tempat wisata air terjun ini. Kisah sang Raja, Prabu Tanjung Anginan rutin melakukan ritual bertapa dan mandi di curug ini.

Disamping mitos tersebut, Citambur Waterfall memiliki pesona keindahan yang tidak diragukan lagi.

Pesona Keindahan Curug Citambur Jawa Barat

Curug Citambur adalah salah satu air terjun indah yang berada di Cianjur. Curug atau Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 130 meter. Salah satu air terjun yang memiliki debit air yang deras dan membentang bagaikan tirai. Dan memiliki tiga tingkatan curug, yaitu 12 meter, 116 meter dan 2 meter, uniknya dibawah air terjun utama, masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa curug Citambur ini. 

Curug Citambur terletak pada ketinggian 1.400 mdpl menyebabkan airnya sangat dingin dan selalu diselimuti kabut tipis. Suara jatuhan airnya sangat keras bergemuruh. Kawasan yang masih asri dipadu dengan panorama pemandangan yang indah akan membuat anda terpesona. Sayangnya karena keberadaannya di tebing yang curam serta aliran air yang deras, wisatawan tidak bisa berenang di bawahnya.

Sesampai disana wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang begitu indah seiring dengan hawa sejuk yang membawa suasana nyaman dan ketenangan hati. Mencari tempat berlibur maka Curug Citambur dapat menjadi tempat menarik untuk mengembalikan semangat setelah menjalani aktifitas rutin dihari yang melelahkan. 


Fasilitas Curug Citambur Jawa Barat

Curug Citambur tidak hanya menyuguhkan pesona air terjunnya yang eksotis saja, namun fasilitas yang lengkap juga siap menyambut para wisatawan untuk memenuhi kebutuhan saat liburannya. Fasilitas umum seperti Musola, Toilet Umum, Kamar Mandi, Kedai Makanan, Area Parkir Luas, Penginapan semua tersedia komplit disana. 

Lokasi Curug Citambur

Air Terjun Di Bogor ini berlokasi di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Bagi wisatawan dari pusat Cianjur, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai kawasan air terjun ini.

Rute Menuju Lokasi Curug Citambur

Mengenai rute dari Jakarta bisa menggunakan dua pilihan. Pertama bisa melewat jalur puncak atau lewat Bandung.

Bila melalui Puncak, pertama masuk ke Tol Jagorawi dan keluar di gerbang Ciawi. Selanjutnya lalu melewati jalur puncak sampai ke pertigaan tugu Cianjur Jago lalu putar balik menuju terminal Pasir Hayam. Lalu belok kiri ke arah Cibeber sampai Kota Kecamatan Pagelaran. Melewati Desa Pusaka Jaya sampai ke Desa Karang Jaya. Dan waktu yang dihabiskan sekitar 8 jam termasuk istirahat dan makan.

Sedangkan bila lewat Bandung maka dari Tol Cipularang lalu belok ke Tol Soroja. Keluar di Tol Soreang.  Dari sana lanjut ke atas yaitu ke Ciwidey.  Selanjutnya melewati jalur seperti disampaikan di atas.

Jam Operasional Curug Citambur

Mengenai Jam Operasional / Jam Buka Curug Citambur dibuka 24 Jam. 

Harga Tiket Masuk Curug Citambur Jawa Barat Terbaru

Wisatawan tidak akan menyesal mengunjungi air terjun Citambur ini. Selain alamnya yang hijau asri, HTMnya juga sangatlah murah. Wisatawan hanya perlu membayar HTM Curug Citambur sebesar Rp 7.000 / orang. Dengan harga yang dibayarkan tersebut akan sebanding dengan keindahan yang tak terlupakan.

Harga tiket masuk Curug Citambur Cianjur tersebut bisa berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. 

Galeri Foto Curug Citambur Jawa Barat

Curug Citambur Jawa Barat
Curug Citambur Jawa Barat
Citambur Waterfall
Citambur Waterfall
Mitos Curug Citambur
Mitos Curug Citambur
Spot Foto Di Curug Citambur
Spot Foto Di Curug Citambur
Wisata Alam Jawa Barat
Wisata Alam Jawa Barat
Demikian informasi tentang Curug Citambur, semoga bermanfaat. Terus kunjungi wisatainfo.com untuk memperoleh informasi tempat wisata terbaru di Indonesia lainnya. Terima Kasih.
Previous Post Next Post