Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet

Umumnya perumahan cluster mempunyai bentuk genteng yang serupa. Namun, walau begitu, kualitas genteng yang dipilih pun tetap diperhatikan. Genteng memiliki peran penting dalam sebuah hunian.

Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet
Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet | photo by pixabay

Beberapa peran tersebut di antaranya adalah melindungi bagian dalam rumah dari terik matahari dan hujan, menutup bagian atas agar tidak ada hewan dan serangga yang masuk, serta memberikan keamanan bagi penghuni dari pencuri. 

Genteng sebagai pelindung rumah pun mempunyai keunggulan lain jika dibandingkan dengan jenis penutup rumah yang lain. Berikut ini beberapa keunggulan genteng.

Keunggulan genteng

Keunggulan Menggunakan Genteng
Keunggulan Menggunakan Genteng | photo by pixabay

Apabila kalian memilih genteng sebagai atap rumah pasti kalian akan mengalami beberapa hal berikut,

Jika hujan tidak berisik seperti seng

Pernah merasakan hujan di bawah seng? Seperti apa bunyinya? Cukup berisik bukan? Nah jika kamu menggunakan genteng, maka tidak akan ada bunyi gemuruh yang mengganggu telinga. Genteng tidak akan memantulkan suara nyaring ketika kejatuhan air hujan.  

Tidak panas jika siang hari 

Apabila kamu berteduh di bawah atap seng pada siang hari di saat matahari menyengat, maka kamu akan merasa panas sekali. Berbeda hal ketika kamu berada di bawah genteng, maka suasana panas tadi tidak akan terasa. Hal ini karena seng menyerap panas dan bersifat konduktor panas, sementara genteng bersifat isolator panas dan tidak menyerap suhu panas.

Jika ada angin kencang atap tidak goyang

Ketika ada hujan yang disertai angin kencang, genteng tidak akan mudah goyang seperti seng. Hal ini karena genteng terbuat dari tanah liat yang keras dan berat, oleh karena itu hujan angin pun tidak akan bisa menerbangkan genteng dengan mudah.

Lalu, bagaimana ya cara menjaga dan merawat genteng agar awet dan tidak cepat rusak? 

Cara merawat genteng rumah agar awet

Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet Terbaru
Cara Merawat Genteng Rumah Agar Awet Terbaru | photo by pixabay 

Berikut ini ada beberapa cara untuk merawat genteng rumah agar awet. Yuk kita simak penjelasannya bersama-sama.

Cat genteng secara berkala

Bukan hanya dinding saja yang perlu dicat, genteng juga perlu dicat lho agar tampilannya tetap menarik. Selain itu fungsi mengecat genteng adalah agar genteng tetap terjaga kualitasnya. Namun, kamu harus tetap memperhatikan kualitas cat genteng yang kamu pilih ya. Untuk melakukan pengecatan, pastikan kamu melakukan ini bersama orang yang sudah ahli dan berpengalaman ya. 

Lapisi area sekitar genteng dengan lapisan anti bocor

Selain dicat, area sekitar genteng perlu dilapisi anti bocor. Tujuannya adalah agar air hujan tidak merembes atau masuk ke dalam rumah. Jika hal ini tidak diantisipasi maka rumah kamu akan bocor dan banjir. Bahaya sekali, kan? Untuk melakukan pelapisan area genteng dengan lapisan anti bocor, kamu bisa meminta tolong jasa tukang yang sudah profesional. Kalau kamu belum pernah melakukannya, jangan coba-coba melakukannya sendiri ya. 

Buang ranting, kayu atau daun-daun yang ada di genteng

Ini adalah hal yang paling sering ditemukan di atap rumah, yaitu ranting, kayu dan daun-daun yang bertengger di atas atap genteng. Agar tidak mengganggu genteng, maka buanglah sampah-sampah tersebut dari atas genteng. Membersihkan genteng dari sampah daun-daun tentu akan menjaga kebersihan genteng. 

Genteng Rumah Terbaru
Genteng Rumah Terbaru | photo by pixabay

Nah, apakah kamu sudah paham mengenai cara merawat genteng rumah agar awet? Yuk coba terapkan beberapa tips di atas untuk menjaga kualitas genteng rumah. Kalau kamu sedang mencari rumah dijual di Bandung, di Jakarta atau kota-kota lain, pastikan genteng yang digunakan bersih dan juga memiliki kualitas baik ya.

Previous Post Next Post