Lokasi dan Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung Terbaru 2021

Lokasi dan Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung Terbaru 2020
Lokasi dan Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung Terbaru 2021 - Bandung merupakan kota unik yang penuh dengan tempat wisata seru. Banyak traveller yang menjadikan kota ini sebagai tujuan wisata favorit di Jawa Barat. Salah satu Wisata Bandung yang paling dikenal dengan wisata alam seperti dikawasan wisata Sunrise Point Cukul di Pangalengan. Banyak pilihan wisata di Pangalengan ini, tetapi jika wisatawan ingin merasakan sensasi wisata berbeda dapat mengunjungi Wisata Situ Cileunca Pangalengan. Salah satu keunggulan dari wisata alam ini yaitu cocok untuk bersantai bersama keluarga.

Situ Cileunca Pangalengan Bandung akan menjadi tempat melepas penat, disana wisatawan juga ditemani sejuknya hawa Kota Bandung yang menjadi kenangan tidak terluapakan. Hawa sejuk, jauh dari kebisingan perkotaan serta suguhan pemandangan indah khas pegunungan tentu akan menjadi obat lelah para pengunjung. Terlebihnya lengkapnya fasilitas yang ada akan menambah betah untuk berlama – lama di tempat wisata hits Bandung ini. Rute menuju lokasi Situ Cileunca Pangalengan juga mudah untuk ditemukan. Serta yang paling menarik, Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan ini terbilang cukup murah. Yuk simak info lengkap terkait tempat wisata Situ Cileunca!

Sejarah Mitos Situ Cileunca Pangalengan Bandung 

Sebelum membahas keindahannya, ada sebuah cerita menarik seputar sejarah mitos Situ Cileunca di Pangalengan. Konon menurut cerita warga setempat, dulu awalnya Situ Cileunca Bandung ini merupakan area hutan belantara. Kemudian pada tahun 1918 kawasan Danau Situ Cileunca ini dibuat sebuah situ yang berfungsi untuk sumber kebutuhan air warga setempat oleh seorang penjajah Belanda. 

Lalu pada akhirnya kebutuhan akan tenaga listrik ini mendorong Belanda untuk membangun bendungan dan Danau sebagai sumber listrik yang memakan proses pembangunan selama 7 tahun. Kemudian, danau buatan ini selesai dibangun pada tahun 1926. Seiring berkembangnya zaman, sampai saat ini situ Cileunca memiliki fungsi lain. Fungsi lain itu di antaranya adalah, cadangan sumber air bersih kota Bandung dan tempat pariwisata. Sebagai destinasi wisata pangalengan, Danau Cileunca menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis. Siapa saja yang mengunjungi tempat wisata ini, dijamin bakal betah dan ingin balik lagi ke sini.

Obyek Wisata Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Situ Cileunca Bandung bisa dibilang sebagai tempat wisata yang cukup populer di Bandung. Tempat wisata di Pangalengan ini kembali ‘hidup’ setelah dikelola dengan baik. Berkat foto-foto keren yang tersebar di media sosial kini menjadi perbincangan bagi para pecinta wisata. Bagi Anda yang mencari tempat tenang, sejuk, dan asri, Wisata Situ Cileunca bisa Anda masukan pada list tempat wisata favorit Anda. Untuk keindahan di tempat wisata ini memang juara.

Situ Cileuca merupakan salah satu danau buatan di Bandung yang memiliki luas 1.400 hektar. Lokasinya yang berada di daerah dataran tinggi/pegunungan di Pangalengan Bandung tentu menyuguhkan udara yang sangat sejuk. Ternyata selain dikenal sebagai objek wisata alam yang indah, Situ Cileunca Pangalengan juga ternyata digunakan sebagai sumber air untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA).

Wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam yang indah, keindahan danau, perbukitan, hutan, perpohonan hijau akan memanjakan mata wisatwan. Selain itu suasana disana memang masih sangat asri dan dingin khas pegunungan pangalengan. Air Danau Situ Cileunca ini memang berasal dari danau itu sendiri kemudian dialirkan melalui Sungai Palayangan, yang menjadi tempat wisata rafting di Bandung.

Aktivitas Seru di Wisata Situ Cileunca Bandung

Layaknya tempat wisata populer di Bandung, Situ Cileunca menyediakan banyak aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan. Berikut Aktivitas yang dapat dinikmati wisatawan saat liburan di Danau Cileunca :

1. Menaiki Perahu Mengelilingi Situ Cileunca

Menaiki Perahu Mengelilingi Situ Cileunca
Menaiki Perahu Mengelilingi Situ Cileunca
Menaiki perahu di Situ Cileunca merupakan aktifitas utama yang dapat dinikmati wisatawan. Mengelilingi danau dengan perahu tentu akan mendapatkan sensasi yang berbeda. Dalam satu perahu maksimal penumpang 10 orang. 

2. Arum Jeram / Rafting Situ Cileunca

Arum Jeram / Rafting Situ Cileunca
Arum Jeram / Rafting Situ Cileunca
Bagi Anda yang hobi menantamg adrenalin bisa mencoba wahana Arung Jeram di Situ Cileunca. Sungai di Palayangan Situ Cileunca yang kaya akan potensinya tentunya menarik untuk di explor. Wisata Rafting di Situ Cileunca ini juga akan menambah keakraban dan keceriaan keluarga atau rekan. Rafting ini menjadi salah satu aktivitas paling favorit di Situ Cileunca.

3. Camping Ground di Situ Cileunca

Camping Ground di Situ Cileunca
Camping Ground di Situ Cileunca
Aktivitas yang paling seru lainnya ialah bermalaman ngamping di Situ Cileunca. Bermalaman di pinggiran danau yang suasananya sejuk dan dingin tentu akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Perkemahan Situ Cileunca memang sama persis dengan Camping di Situ Patenggang Ciwidey yang sama-sama bermalaman di pinggiran danau. Disana Anda bisa menyewa peralatan camping seperti tenda, tikar dan lainnya.

Selain 3 aktivitas diatas, Situ Cileunca Pangalengan Bandung masih ada kegiatan seru yaitu Outbound. Outbound di Situ Cileunca antara lain Flying Fox, Painball, Panahan, Tour Pangalengan. Ada juga aktifitas memetik buah strawbery dan murbei. Karena di sekitar kawasan wisata situ Cileunca, terdapat beberapa kebun stroberi yang dibuka untuk umum. Mengenai Fasilitas di Situ Cileunca juga siap menyambut para wisatawan.

Fasilitas Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Sebagai wisata alam populer di Bandung, tentunya akan memiliki fasilitas yang memadai. Hal ini dibuktikan dengan tersedianya fasilitas penunjang bagi wisatawan. Fasilitas yang ditawarkan di Situ Cileunca antara lain :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Persewaan Alat Camping
  • Pemandu Perahu
  • Pemandu Rafting
  • Spot Foto
  • Warung Makan
  • Penginapan
  • dan masih banyak lagi
Bagi yang tidak ingin bercamping di Situ Cileunca namun ingin bermalaman disekitaran lokasi wisata bisa langsung sewa penginapan terdekat yang murah. 

Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung Terbaru 2021

Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung Terbaru 2020
Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan Bandung Terbaru 2021
Bagi Anda yang tertarik dengan Situ Cileunca dan ingin mengunjunginya, tak salah jika mengetahui informasi Harga Tiket Masuk Situ Cileunca yang berlaku. Berikut daftar HTM Situ Cileunca yang harus dibayarkan :
  • Tiket Masuk : Rp 2.500/orang
  • Tarif Naik Perahu : Rp 75.000 (10 orang)
  • Tarif Arum Jeram / Rafting : Rp. 150.000 hingga Rp. 575.000 per orang
  • Biaya masuk Kebun Strawberry : Rp 5.000
  • Tarif Parkir : Rp 3.000 - Rp 10.000
Untuk info harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan pengelola. Informasi ini semoga bisa digunakan patokan bagi Anda.

Lokasi Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Alamat Situ Cileunca berada di Jl. Situ Cileunca, Danau, Pangalengan, Bandung, West Java 40378. Untuk Rute menuju Situ Cileunca bisa ditempuh dengan kendaran pribadi dengan jarak tempuh 59 km dari pusat Kota Bandung dan membutuhkan waktu perjalanan sekitar 1 setengah jam. Untuk jalannya bisa cek di Google Maps.

Penginapan / Villa di Situ Cileunca Pangalengan

Tersedia beberapa penginapan di Situ Cileunca dengan harga yang terjangkau. Berikut Villa di Situ Cileunca yang rekomended untuk Anda :
  1. Citere Resort Hotel ( lokasi )
  2. Group House Cileunca ( lokasi )
  3. Villa Hira Pangalengan ( lokasi )
  4. Cileunca Lakeside ( lokasi )
Untuk Harga Penginapan Situ Cileunca dibanderol mulai Rp 400.000 hingga Rp 2.000.000 per malam. Untuk infonya bisa cek di link tersebut.

Gambar Keren Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Penginapan di Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Penginapan di Situ Cileunca Pangalengan Bandung
Foto by :
@infobandungkota
@iyoarisman
@pesonakabupatenbandung
@rizki_syafari
@adityast_
@rini.syahrani
@abhele
@punten_puncang
@hilmanimanuddin

Demikian informasi lengkap terkait Lokasi dan Tiket Masuk Situ Cileunca Pangalengan di Bandung Terbaru 2021. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini. Jangan lupa untuk terus kunjungi Wisatainfo blog tempat wisata terbaru di Indonesia. Terima Kasih telah berkunjung.
Previous Post Next Post