Wisata Curug Cikaso Sukabumi Destinasi Air Terjun Indah Di Jawa Tengah

Curug Cikaso Sukabumi
Curug Cikaso Sukabumi - Jawa Tengah khususnya Sukabumi memang terkenal dengan potensi wisata alamnya yang begitu menawan. Kepopuleran tempat wisata alam di Jawa Tengah kususnya Sukabumi memang sudah tak diragukan lagi. Ditambah kontur alam Sukabumi di kawasan perbukitan dan memiliki udara yang masih sangat asri menjadi bius wisatawan untuk selalu kembali ke Sukabumi Namun siapa kira, dibalik ramainya tempat wisata Sukabumi masih ada lokasi yang masih sangat asri. Tempat wisata alam tersebut adalah Curug Cikaso.

Curug Cikaso menyuguhkan pesona keindahan air terjun yang eksotis cocok bagi wisatawan yang suka explore, hunting, dan foto bergaya instagramable. Curug Cikaso yang berada di Jawa Tengah ini sebenarnya bernama Curug Luhur, namun warga sekitar, biasa menyebutnya dengan nama Curug Cikaso. Air Terjun Cikaso mengalir dari sungai cikaso yang bernama Cicurug, yang terbentuk dari tida titik air terjun yang sejajar berdampingan dalam satu lokasi. 

Curug atau Air Terjun Cikaso juga termasuk salah satu Destinasi air terjun indah yang berada di Jawa Tengah. Curug atau Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter. Uniknya air terjun ini memiliki debit airnya yang deras dan membentang bagaikan tirai. Dibawah air terjun, masih terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiruan, ditambah masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa curug Cikaso ini.

Disamping keindahan curug cikaso yang terbagi menjadi tiga limpahan tersebut, tempat wisata alam di Jawa Tengah ini masih memiliki daya tarik lain. Wisatawan akan menemukan sederet limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah setinggian kurang lebih 10 meter. Limpahan air tersebut menyerupai air terjun kecil yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air alami khas pegunungan.

Aktifitas Di Curug Cikaso

Sesampai di Curug Cikaso wisatawan akan disuguhkan keindahan curug yang biasa digunakan sebagai latar belakang untuk hunting foto ataupun sekedar bermain air. Banyak aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata ini, diantaranya berenang ataupun memancing. Namun, tetap berhati-hati, karena kolam dari air terjun ini tergolong dalam. Curug Cikaso Sukabumi ini juga memiliki sebuah muara yang bernama Tegalbuleud yang menyerupai kolam dan airnya sangat jernih dengan warna air biru kehijauan yang membuat wisatawan dapat dengan leluasa bermain air hingga menceburkan diri untuk berenang. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati keindahan alam sungai Cikaso dengan menaikki perahu yang disediakan oleh pengelola wisata. 

Tempat wisata air terjun Cikaso ini juga sangat cocok untuk mengajarkan / edukasi kepada anak. Walaupun dengan kondisi alamnya sedikit menantang namun tetap aman untuk seluruh anggota keluarga. Di sini wisatawan dapat mendirikan tenda dan berkemah bersatu dengan alam.

Fasilitas Curug Cikaso

Mengenai Fasilitas umum seperti toilet, loker barang, pemandu wisata, persewaan perahu, hingga tempat ibadah / mushola juga telah tersedia di curug Cikaso ini. Di tempat ini juga tersedia juga gazebo untuk wisatawan istrahat setelah puas bermain. Sambil melepas lelah wisatawan juga dapat memesan menu kuliner di berbagai stan makanan di sana.

Harga Tiket Masuk Curug Cikaso Sukabumi 

Sebagai Destinasi Air Terjun Indah Di Jawa Tengah, Curug Cikaso memiliki HTM yang tergolong sangat terjangkau bagi semua kalangan. Wisatawan harus membayar HTM Curug Cikaso Sukabumi Rp 5.000 / Orang. 

Selain itu bagi wisatawan yang ingin mencoba fasilitas yang disediakan di curug cikaso ini harus menyiapkan biaya tambahan antara lain :
  • Sewa Perahu Rp.60.000 dengan kapasitas maksimal 10 orang. Perahu kendaran  alternatif agar cepat sampai ke Curug Cikaso di daripada berjalan kaki.
  • Lalu jika pengunjung ingin ke Toilet akan di kenakan biaya Rp. 2000.
  • Sewa pemandu wisata Rp. 70.000,-.

Lokasi Curug Cikaso

Curug Cikaso berada di alamat Desa Ciniti, Cibitung, Sukabumi, West Java 43172. Untuk menuju ke wisata Curug cikaso ini wisatawan harus melakukan perjalanan menuju Pantai Ujung Genteng.

Rute Curug Cikaso

Rute Curug Cikaso jika dari Sukabumi, wisatawan harus mengambil arah menuju Jampang Kulon dan kemudian dilanjutkan ke Surade. Di tengah-tengah perjalanan menuju ke Surade, wisatawan harus berbelok di pertigaan yang tersedia dan menuju ke Jalan Cikaso. Sesampai di tempat parkir wisatawan harus berjalan kaki dalam jarak 1 km untuk mencapai ke lokasi air terjun.

Jam Buka Curug Cikaso

Mengenai Jam buka Curug cikaso tentu dibuka setiap hari pada pukul 08.00 sampai sore hari kira kira jam 17.00.

Galeri Foto Curug Cikaso Terbaru

Curug Cikaso Sukabumi Jawa Tengah
Curug Cikaso Sukabumi Jawa Tengah
Mitos Curug Cikaso
Mitos Curug Cikaso
Tiket Masuk Curug Cikaso
Tiket Masuk Curug Cikaso
Perahu Di Curug Cikaso
Perahu Di Curug Cikaso
Demikian informasi tentang Destinasi Air Terjun Indah di Jawa Tengah yakni Curug Cikaso. Semoga artikel Wisatainfo bermanfaat. Terus kunjungi wisatainfo.com untuk memperoleh informasi tempat wisata lainnya di Indonesia.
Previous Post Next Post