Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat

Curug Puncak Manik
Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat - Jawa Barat khususnya Sukabumi memang terkenal akan potensi wisata alamnya yang begitu indah. Kontur alamnya yang indah menjadikan sukabumi tempat pelepas penat. Kepopuleran tempat wisata alam di Sukabumi Jawa Barat memang sudah tak diragukan lagi. Ditambah alam perbukitan dan memiliki udara yang sejuk menjadi bius wisatawan untuk selalu kembali ke Sukabumi. Namun siapa kira, dibalik ramainya tempat wisata Sukabumi masih ada lokasi yang masih sangat asri dan wajib untuk dikunjungi. Tempat wisata alam tersebut adalah Curug Puncak Manik.

Setelah merasakan penatnya rutinitas sehari - hari tak ada salahnya untuk refresing dan mendinginkan pikiran serta badan di Kota Sukabumi ini. Dan kunjungi saja wisata air terjun Sukabumi yang sedang populer ini. Wisata alam Sukabum ini merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kawasan Ciletuh Geopark. Uniknya curug puncak manik ini berada diurutan teratas dari beberapa curug di aliran sungai Ciletuh. Maka ketika wisatawan berada di puncak, dapat menyaksikan beberapa curug lainnya seperti, Curug Awang dan Curug Tengah. 

Curug Puncak Manik adalah salah satu air terjun paling indah yang berada di Sukabumi Jawa Barat. Curug atau Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dari atas tebing membuat asri suasana. Curug ini memiliki debit airnya yang cukup deras dan membentang bagaikan tirai. Yang paling menarik dibawah air terjun utama, masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa curug puncak manik ini. Namun di balik keindahan tersebut, air terjun ini juga menyimpan banyak mitos yang menjadi perbincangan semua orang.. 

Mitos Curug Puncak Manik Sukabumi

Selain keindahan alamnya yang sangat indah, curug ini juga memiliki mitos yang cukup menyelebunginya. 
  • Mitos yang pertama, masyarakat sedikit percaya bahwa dahulu air terjun ini sempat dikunjungi oleh Kentring Manik, ia adalah istri dari Prabu Siliwangi. Air terjun puncak manik ini sempat digunakan untuk mandi oleh Kentring Manik. Maka dari itu tempat ini dinamai sebagai Curug Puncak Manik
  • Mitos kedua, kabarnya dahulu curug ini digunakan sebagai tempat untuk menimbun harta karun saat zaman kerajaan. Dinamakan sebagai Curug Puncak Manik karena pada siang dan malam hari, di puncak air terjun ini sering terlihat cahaya yang berkilauan seperti manik, hasil dari timbunan harta karun tersebut. Beberapa masyarakat yang pernah mengunjungi tempat ini sering menemukan batu-batu cincin yang berwarna-warni. Mereka percaya bahwa batu tersebut adalah sisa dari timbunan harta karun yang dulu pernah disimpan di sini.
  • Mitos ketiga, yang menyelimuti Curug Puncak Manik, dahulu tempat wisata ini sempat dijadikan tempat persembunyian para prajurit saat terjadinya babad Cirebon (bahasa sunda: perang).

Fasilitas Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik masih memiliki fasilitas umum yang minim. Belum memadai sebagai tempat wisata pada umumnya. Jalan perjalanan menuju Curug juga sedikit menguras tenaga. Namun hal ini lah yang membuat Curug Puncak Manik tetap terasa asri alami. Hanya wisatawan dengan jiwa petualang yang siap menikmati keindahan Curug Puncak Manik ini.

Untuk menuju ke lokasi diperlukan perjuangan yang cukup menantang. Trek perjalanan menuju ke lokasi dari area parkir sejauh 700 m dengan berjalan kaki. Namun wisatawan tidak usah khawatir, karena sepanjang jalan akan ditemani suguhan segala panorama alam yang luar biasa indahnya, mulai dari rumbunnya pepohonan yang hijau, sungai yang jernih, persawahan, perbukitan, dan lain sebagainya. Berkunjung ke wisata Curug Puncak Manik Sukabumi ini cocok banget bagi wisatawan yang hobi berpetualangan.

Sesampai di curug puncak manik wisatawan akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Alam disekitar Air Terjun yang asri sejuk akan menjadi fasilitas utama di Curug ini. Ditambah lagi dengan bersih dan segarnya air yang langsung dari suber mata air pegunungan jauh dengan polusi perkotaan tentu akan mengembalikan semangat. Jernihnya air puncak manik ini pula yang menjadi pembicaraan dan daya tarik wisatawan. Keindahan alam Curug Puncak Manik ini juga sangat instagramable. Banyak spot menarik untuk pengambilan foto yang keren ala pemuda milenial.

Lokasi Curug Puncak Manik

Destinasi Wisata Hits Jawa Barat Curug Puncak Manik berada di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat 43177. Untuk menuju ke lokasi wisata curug indah sukabumi ini diperlukan perjuangan, baik bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Karena akses jalannya cukup menantang, mulai dari jalan berlubang, bebatuan, tanjakan dan turunan, hingga jalan becek ketika musim hujan. Namun perjuangan itu akan digantikan dengan pengalaman yang didapat ketika sampai di lokasi wisata.

Rute Curug Puncak Manik

Mengenai rute perjalanan menuju curug puncak manik, bisa dimulai dari kota Sukabumi yang nantinya akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam perjalanan. Curug ini masih sekawasan dengan Ciletuh dan searah dengan Pantai Ujung Genteng dan Pelabuhan Ratu. Dengan begitu wisatawan juga bisa memanfaatkan Peta Google untuk trekking ke lokasi dengan kendaraanmu karena rutenya sama.

Jam Buka Curug Puncak Manik

Sementara mengenai Jam Buka Curug Puncak Manik ini dibuka 24 Jam pada setiap harinya.

Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat

Wisatawan tidak akan menyesal mengunjungi air terjun Puncak Manik ini. Selain alamnya yang hijau asri, HTMnya juga sangatlah terjangkau bagi semua kalangan karena mengingat minimnya fasilitas. Wisatawan hanya perlu membayar HTM Curug Puncak Manik sebesar Rp 3.000 / orang. 

Galeri Foto Terbaru Curug Puncak Manik

Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat
Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat
Curug Puncak Manik Geopark Ciletuh
Curug Puncak Manik Geopark Ciletuh
Misteri Curug Puncak Manik
Misteri Curug Puncak Manik
Curug Terbaru Di Jawa Barat
Curug Terbaru Di Jawa Barat
Curug Indah Di Jawa Barat
Curug Indah Di Jawa Barat
Curug Terbagus Di Jawa Barat
Curug Terbagus Di Jawa Barat
Demikian informasi dari WisataInfo tentang Lokasi Dan Harga Tiket Masuk Curug Puncak Manik Sukabumi Jawa Barat, semoga bermanfaat. Terus kunjungi wisatainfo.com untuk memperoleh informasi wisata terbaru di Indonesia.
Previous Post Next Post