Curug Nangga Wisata Alam Tersembunyi Di Banyumas Jawa Tengah

Curug Nangga Wisata Alam Jawa Tengah - Jawa Tengah memang terkenal dengan wisata alamnya yang begitu indah nan asri. Tetapi masih banyak tempat wisata alam yang masih tersembunyi di Jawa Tengah kususnya Banyumas. Dengan kontur alam perbukitan dan persawahan memiliki udara yang sejuk nan asri menjadi hal ketertarikan wisatawan untuk selalu kembali ke Banyumas. Namun siapa kira, dibalik ramainya tempat wisata Jawa Tengah namun masih ada lokasi wisata yang masih sangat asri. Tempat wisata alam tersebut adalah Curug Nangga.

Curug Nangga adalah salah satu air terjun indah yang berada di Banyumas yang masih tersembunyi akan keasriannya. Curug atau Air terjun Nangga ini menyuguhkan tujuh tingkat air terjun seperti tangga memiliki ketinggian masing-masing air terjun sekitar 10-20 meter. Namun debit airnya yang deras dan membentang seperti tirai. Dibawah air terjun utama, masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa curug Nangga ini.

Jika wisatawan datang dengan rasa penasaran dari foto-foto yang sudah tersebar di media sosial. Curug ini memang unik, sebab terdiri dari tujuh tingkat air terjun. Asal mula pemberian nama Curug Nangga, dari nama Nangga diambil dari kata tangga, yang mencerminkan penampakan fisik air terjun tujuh tingkat yang terlihat dari jauh bagaikan tangga. Kemudian, dan asal mula warga menyebutnya dengan nangga, alasannya adalah demi kemudahan dalam penyebutan nama.

Fasilitas Wisata Alam Curug Nangga Banyumas

Panorama Curug Nangga ini memiliki ketinggian air terjun 1200 mpdl dengan letak geografis perbukitan ditambah perpaduan dengan hutan dan persawahan yang masih asri. Saat wisatawan datang ke lokasi wisata perbukitan ini persawahannya sangat bagus sekali karena padi sedang kondisi akan menguning. Uniknya persawan di Curug Nangga ini menggunakan sistem perairan terasering dan berudak sehingga berasa seperti di Bali.

Curug Nangga masih memiliki fasilitas umum yang minim. Namun warga sekitar Curug Nangga yang selalu welcome kepada setiap pengunjung yang datang. Begitu ramah dan penuh asyik untuk diajak ngoblrol. Tidak hanya itu, mereka juga sudah membangun beberapa warung kecil di sekitar jalan menuju Curug Nangga. Jadi bagi wisawan yang tidak membawa bekal, tidak usah khawatir karena disana juga sudah ada warung yang tersedia. Harganya pun terbilang murah. Pengelola yaitu warga sekitar lokasi curug siap memfasilitasi segala kebutuhan wisatawan, seperti area parkir, toilet, kamar, ganti, warung, mushola, dan bagi wisatawan yang ingin menyewa ayunan juga tersedia disana.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Curug Nangga Banyumas

Wisatawan tidak akan menyesal jika mengunjungi air terjun Nangga ini. Selain alamnya yang hijau nan asri, HTMnya juga tergolong sangatlah murah. Wisatawan hanya dikenai HTM Curug Nangga sebesar Rp.10.000 / orang.. Sedangkan untuk tarif parkir sebesar Rp 2.000 - Rp 5.000.

Lokasi Wisata Alam Curug Nangga Jawa Tengah

Curug Nangga beralamat di Petahunan, Pekuncen, Hutan, Petahunan, Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53164 ( Google Maps ). Tempat wisata baru di Jawa Tengah ini memang harus membutuhkan niat yang kuat untuk berkunjung disana. Jalan menuju lokasi tergolong baik dengan aspal namun medan yang dilalui menanjak dan menurun. Dari tempat parkir wisatawan harus berjalan kaki dahulu sekitar 1 Km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar kurang dari 20 menit sampai ke Curug Nangga. Tempat wisata Curug Nangga mulai pukul 07.00 hingga 16.00 WIB. 

Galeri Foto Curug Nangga Banyumas Jawa Tengah

Panorama Wisata Alam Curug Nangga
Wisata Hits Jawa Tengah
Tempat Wisata Terbaru Banyumas Jawa Tengah
Wisata Air Tejun Jawa Tengah
Keindahan Curug Nangga
Demikian informasi Curug Nangga Wisata Alam Banyumas Jawa Tengah. Selalu kunjungi wisatainfo untuk update informasi wisata terbaru di Indonesia. Be Careful and Happy Traveling.
Previous Post Next Post